Hasbi Maulana, . (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE “TUTOR SEBAYA” (Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (393kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (5MB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (707kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (883kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi yang jelas mengenai peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan metode pembelajaran “Tutor Sebaya” di Progran Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. dan subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah 26 orang mahasiswa tingkat kedua. Penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian berkala atau terdiri dari beberapa siklus. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Nilai yang telah dicapai oleh mahasiswa selama penelitian berlangsung yaitu nilai pra siklus adalah 4,11 dan nilai ujian siklus 1 adalah 6,03 dan nilai ujian siklus 2 adalah 6,61. Terdapat peningkata nilai dari pretest ke ujian siklus 1 yaitu 1,92. dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 0,58. Jumlah hasil peningkatan di penelitian ini adalah 2,5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan peningkatan dalam hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran “Tutor Sebaya”. Siswa lebih tertarik untuk belajar Bahasa Arab terutama dalam kemampuan membaca, dan mereka menjadi lebih mudah memahami dan menerima materi pembelajaran, karena metode pembelajaran “Tutor Sebaya” mengajak siswa untuk lebih aktif dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya secara langsung di kelas atau di dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran م yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya metode pembelajaran “Tutor Sebaya” dalam keterampilan membaca Bahasa Arab. Pembahasan ini dapat diaplikasikan dalam pelajaran keterampilan membaca di sekolah atau di universitas pada mahasiswa yang belum belajar Bahasa Arab agar memudahkan mereka dalam meningkatkan keterampilan membaca dengan baik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ahmad Murodi, M.A ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 01:03 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 01:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21960 |
Actions (login required)
View Item |