PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH QIRAAH 1 DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM KAHOOT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Nur Muzaenah, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH QIRAAH 1 DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM KAHOOT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
a. BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (769kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (485kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan program kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan penguasaan qiraah 1 pada mahasiswa tingkat awal di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta; mengetahui kelayakan media pembelajaran kahoot berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian mahasiswa di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta terhadap media pembelajaran kahoot. Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan kahoot: 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap mahasiswa dalam belajar. Jadi analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan, 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan dengan memasukkan soal dan menambahkan gambar yang sesuai, 3) Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Dr. Muhammad Kamal, M.A) dan ahli media (Ustadz Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd), 4) Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran Kahoot di Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dengan 20 mahasiswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan, 5)Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 78% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian kelayakan media oleh mahasiswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 88% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka kahoot layak digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip M.A ; 2). Ahmad Marzuq M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:59
Last Modified: 11 Jan 2022 04:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item