RUDI RIVALDI, . (2019) LEARNING STRATEGIES OF STUDENTS IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (286kB) |
|
Text
CHAPTER I.pdf Download (305kB) |
|
Text
CHAPTER II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text
CHAPTER III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
CHAPTER IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
CHAPTER V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (119kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (435kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf Download (478kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (394kB) |
|
Text
REFERENCE.pdf Download (312kB) |
|
Text
TABLE OF CONTENT, LIST OF FIGURE, LIST OF TABLE.pdf Download (307kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Strategi-strategi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe-tipe strategi belajar bahasa yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sebanyak 123 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta dipilih sebagai responden dalam penelitian ini. Dua jenis kuesioner dari Oxford (1990) digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data; kuesioner latar belakang yang diadaptasi dan Inventori Strategi untuk Pembelajaran Bahasa yang diadaptasi. Data yang diperoleh dari kueasioner dianalisis menggunakan deskriptif statistik untuk menunjukan tiga tipe-tipe strategi yang paling dominan yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa strategi-strategi metakognitif (4,4), strategi-strategi kompensasi (4,3), dan strategi-strategi kognitif (4,2) adalah tipe strategi-strategi yang dominan digunakan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sebaliknya, strategi�strategi memori (3,3) menjadi tipe strategi yang paling jarang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Terlebih lagi, memfokuskan pembelajaran mereka (strategi kompensasi), mengatasi keterbatasan dalam berbicara dan menulis (strategi kompensasi), dan menangkap dan menyampaikan berbagai pesan (strategi kognitif) adalah strategi-strategi yang dominan digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menjadi masukan bagi prodi Bahasa Inggris terutama para dosen dalam mendesain perencanaan pembelajaran mata kuliah. Hasil penelitian ini juga menjadi informasi bagi mahasiswa untuk mengenal tipe strategi-strategi belajar bahasa yang dominan mereka gunakan supaya dapat memfasilitasi kegiatan belajar mereka sebagaimana mengembangkan kegiatan belajar mereka
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lasito M.App Ling ; 2). Dra. Rutsje Helena Damongilala, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:27 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22191 |
Actions (login required)
View Item |