LEARNING STRATEGIES OF STUDENTS IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING

RUDI RIVALDI, . (2019) LEARNING STRATEGIES OF STUDENTS IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (286kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf

Download (478kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
REFERENCE.pdf

Download (312kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT, LIST OF FIGURE, LIST OF TABLE.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Strategi-strategi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe-tipe strategi belajar bahasa yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sebanyak 123 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta dipilih sebagai responden dalam penelitian ini. Dua jenis kuesioner dari Oxford (1990) digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data; kuesioner latar belakang yang diadaptasi dan Inventori Strategi untuk Pembelajaran Bahasa yang diadaptasi. Data yang diperoleh dari kueasioner dianalisis menggunakan deskriptif statistik untuk menunjukan tiga tipe-tipe strategi yang paling dominan yang digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa strategi-strategi metakognitif (4,4), strategi-strategi kompensasi (4,3), dan strategi-strategi kognitif (4,2) adalah tipe strategi-strategi yang dominan digunakan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sebaliknya, strategi�strategi memori (3,3) menjadi tipe strategi yang paling jarang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Terlebih lagi, memfokuskan pembelajaran mereka (strategi kompensasi), mengatasi keterbatasan dalam berbicara dan menulis (strategi kompensasi), dan menangkap dan menyampaikan berbagai pesan (strategi kognitif) adalah strategi-strategi yang dominan digunakan oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menjadi masukan bagi prodi Bahasa Inggris terutama para dosen dalam mendesain perencanaan pembelajaran mata kuliah. Hasil penelitian ini juga menjadi informasi bagi mahasiswa untuk mengenal tipe strategi-strategi belajar bahasa yang dominan mereka gunakan supaya dapat memfasilitasi kegiatan belajar mereka sebagaimana mengembangkan kegiatan belajar mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lasito M.App Ling ; 2). Dra. Rutsje Helena Damongilala, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:27
Last Modified: 18 Jan 2022 07:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22191

Actions (login required)

View Item View Item