PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 232 JAKARTA

SARAH ADZKIA, . (2019) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
001 COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
002 ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (133kB)
[img] Text
003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
004 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (218kB)
[img] Text
006 KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
007 DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (124kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
11 BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
012 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe diskursus multy reprecentacy terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 232 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 bulan Mei hingga Juli di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest�posttest control group design. Populasi terdiri dari seluruh siswa yang tercatat dalam kelas VIII SMP Negeri 232 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel berjumlah 50 siswa, 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest menulis teks eksposisi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui uji normalitas dihasilkan perhitungan Lo sebesar 0,161 berdasarkan distribusi dengan dk = 25 dengan taraf signifikasi (α) 0,05 dan Ltabel sebesar 0,177 untuk kelas eksperimen, dan Lo sebesar 0,119 berdasarkan distribusi dengan dk = 25 dengan taraf signifikasi (α) 0,05 dan Ltabel sebesar 0,177 untuk kelas kontrol, dari hasil tersebut diperoleh Lo< Ltabel. Dengan demikian, populasi berdistribusi normal. Melalui uji homogenitas diperoleh perhitungan Fhitung sebesar 1,722 berdasarkan distribusi dk=25 dan taraf signifikasi (α) 0,05 diperoleh Ftabelsebesar 1,984 dari hasil tersebut diperoleh Fhitung < Ftabel. Berdasarkan data tersebut, populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleh Thitung sebesar 5,258 pada dk=48 dalam taraf signifikasi (α) 0,05, dan Ttabel diperoleh melalui interporasi sebesar 2,011. Maka 5,258 > 2,011 sehingga HI diterima dan Ho ditolak. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi kelas eksperimen adalah 81,6 lebih tinggi dari kemampuan menulis teks eksposisi kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 56,54. Maka dari itu, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model kooperatif tipe diskursus multy reprecentacy terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 232 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, M.Phil (Ling.) ; 2). Reni Nur Eriyani, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jan 2022 09:11
Last Modified: 06 Jul 2022 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22196

Actions (login required)

View Item View Item