EFEKTIVITAS METODE LATIHAN BOX JUMP DAN BARRIER HOPS JUMP TERHADAP HASIL LOMPATAN SMASH ATLET PUTRA KLUB BOLA VOLI POPDAM BOGOR

EGHA WIRATAMA, . (2019) EFEKTIVITAS METODE LATIHAN BOX JUMP DAN BARRIER HOPS JUMP TERHADAP HASIL LOMPATAN SMASH ATLET PUTRA KLUB BOLA VOLI POPDAM BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (321kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
10. a BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
10. b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
10. d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
10. e BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1. Metode latihan Box Jump efektif dalam meningkatkan hasil lompatan smash atlet putra klub bola voli POPDAM Bogor. 2. Metode latihan Barrier Hops Jump efektif dalam meningkatkan hasil lompatan smash atlet putra klub bola voli POPDAM Bogor. 3. Efektivitas antara metode latihan Box Jump dan Barrier Hops Jump terhadap peningkatkan hasil lompatan smash atlet putra klub bola voli POPDAM Bogor. Penelitian ini dilakukan di lapangan bola voli POPDAM Bogor. Penelitian dimulai pada tanggal 27 September sampai dengan 25 Oktober 2018 sudah termasuk dengan tes awal dan tes akhir. Pertemuan dilakukan 5 kali dalam 1 minggu. Total pertemuan adalah 16 kali pertemuan latihan. Metode latihan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode trueksperimen dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet putra klub bola voli POPDAM Bogor yang memenuhi kriteria berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan dari tes awal dan tes akhir hasil lompatan smash. Kemudian dibagi menjadi dua kelompok yang berisikan 20 orang setiap kelompoknya. Kelompok A diberikan metode latihan Box Jump, sedangkan kelompok B diberikan metode latihan Barrier Hops Jump. ii Data yang terkumpul digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hipotesis 1, 2, dan 3 yang menggunakan statistik uji-t maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Data hasil tes awal dan tes akhir metode latihan Box Jump. Hasil dari latihan ini maka (15,26) > (2,571). Sehingga latihan ini dapat meningkatkan hasil lompatan smash. (2) Data hasil tes awal dan tes akhir pada metode latihan Barrier Hops Jump. Hasil dari latihan ini maka (9,48) > (2,571). Sehingga metode latihan ini dapat meningkatkan tinggi lompatan. (3) Data yang diperoleh dari tes akhir kedua kelompok adalah 2,772 dan nilai dengan derajat kebebasan (dk) n1 – 1 = 6 – 1 = 5 adalah α = 0,05 adalah 2,571. Dengan demikian tes akhir metode latihan Box Jump dan Barrier Hops Jump dari nilai yaitu 2,772 > 2,571 oleh karena itu ditolak yang berarti ada efektivitas antara metode latihan Box Jump dan Barrier Hops Jump terhadap hasil lompatan smash atlet putra klub bola voli POPDAM Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tirto Apriyanto, S.Pd, M.S ; 2). Dr. Bambang Sujiono, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Voli
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:59
Last Modified: 25 Jan 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item View Item