PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMAN 94 JAKARTA

MUHAMAD NURJAYADI, . (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMAN 94 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan analisis peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMAN 94 Jakarta. Penelitian ini merupakan studi eksperimen yang dilakukan di SMAN 94 Jakarta, dengan peserta didik pada kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Strategi pembelajaran flipped classroom adalah bentuk strategi pembelajaran kelas terbalik dimana peserta didik sebelum mulai belajar dikelas mempelajari lebih dahulu materi yang diberikan oleh guru berupa video pembelajaran, kemudian waktu dikelas dirancang untuk kegiatan diskusi serta latihan guna memperdalam materi pembelajaran. Kemudian kemampuan menganalisis diartikan sebagai kemampuan untuk mengaitkan ataupun menghubungkan faktor satu dengan yang lain sehingga menjadi logis Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pada materi Persebaran Flora dan Fauna di Dunia dan Indonesia, kelas eksperimen menggunakan strategi flipped classroom sedangkan kelas kontrol menggunakan stratgei pembelajran ekspositori. Data yang diperoleh berasal dari nilai Pre-test dan Post-test yang diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah masa pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ditempuh selama 6 pertemuan. Berdasarkan dari hasil pengujian data yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata nilai kemampuan menganalisis peserta didik di kelas eksperimen. Kelas Eksperimen mengalami peningkatan nilai mengenai kemampuan menganalisis sebesar 18,37 menjadi 83,62. Kesimpulan ini juga diambil dari nilai Sig. pada independent sample T�test sebesar 0.00 (nilai Sig. = 0,00 < nilai rujukan = 0,05), yang artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan strategi flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik tingkat SMA kelas XI IPS. Kata kunci: Flipped classroom, Kemampuan Menganalisis, Strategi This study aims to determine the effect of the application of the flipped classroom learning strategy on the ability to analyze participants in class XI IPS SMAN 94 Jakarta. This research is an experimental study conducted at SMAN 94 Jakarta, with students in class XI IPS 2 as the experimental class and class XI IPS 3 as the control class. The flipped classroom learning strategy is a form of inverted classroom learning strategy where students before starting to study in class first study the material provided by the teacher in the form of learning videos, then class time is designed for discussion activities and exercises to deepen the learning material. The ability to analyze is defined as the ability to relate or connect factors with one another so that it becomes logical This study uses a quasi-experimental method with a quantitative approach. In the material on the distribution of flora and fauna in the world and Indonesia, the experimental class used a flipped classroom strategy, while the control class used an expository learning strategy. The data obtained from the Pre-test and Post-test scores given to both classes before and before the learning period. Learning activities occurred during 6 meetings.. Based on the results of data testing that has been carried out, it shows that there is a significant effect on the average value of the ability to analyze students in the experimental class. The Experimental Class experienced an increase in the value of the ability to analyze by 18.37 to 83.62. This conclusion is also taken from the value of Sig. on the independent sample T-test of 0.00 (Sig. value = 0.00 < reference value = 0.05), which means that there is a significant influence in the use of the flipped classroom strategy in improving the analytical skills of high school students in class XI IPS. Keywords: Flipped classroom, Analyzing Ability, Strategy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Muhammad Zid, M.Si 2. Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13090 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:36
Last Modified: 26 Jan 2022 03:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item