PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 BEKASI

UMI LAILATIKA, . (2019) PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 34 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 34 Bekasi. Penelitian ini dilakukan di Bekasi. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini pretest-postest control group design. Pengambilan sampel ini dengan cara random sampling. Sampel berjumlah 62 siswa. Desain rincian kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Instrumen pennelitian yang digunakan dalam penelitian ini adaah tes awal dan tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t atau uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,206 pada dk=60 dan taraf signfikasi α 0,05, selanjutnya Ttabel diperoleh sebesar 2,002. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan thitung 4206 > 2,002 ttabel. Jadi dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dengan H1 diterima artinya ada pengaruh metode Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Metode Think Talk Write dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi, yaitu guru dapat menggunakan metode Think Talk Write pada K13 dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Metode Think Talk Write dapat membantu siswa mengembangkan tulisan dengan lancar dan melatih bahasa sebelum menuliskannya. Metode ini membuat siswa menjadi aktif dan bertanggung jawab atas tugas yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reni Nur Eriyani, M. Pd ; 2). N. Lia Marliana M,Phil. (Ling)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:03
Last Modified: 31 Jan 2022 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22298

Actions (login required)

View Item View Item