HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 31 JAKARTA

SRI AISAH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AIS [17 JULI 2017].pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 31 Jakarta pada Siswa kelas X, selama sembilan bulan terhitung sejak September 2016 sampai dengan Mei 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dan disiplin belajar dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada Siswa kelas X SMK Negeri 31 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Siswa kelas X SMK Negeri 31 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah Siswa kelas X sebanyak 141 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 100 Siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dengan Y adalah Ŷ = 52,31 + 0,42 X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung (0,065), sedangkan Ltabel untuk n = 100 pada taraf siginifkan 0,05 adalah (0,0886 ) Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung<Ftabel yaitu 1,10 < 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung>Ftabel yaitu 58,58 > 3,94, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearso menghasilkan rxy = 0,612 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 7,654 dan ttabel =1,685. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,612 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 3441 yang menunjukan bahwa 37,41% variabel hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan ditentukan oleh motivasi belajar. Sedangkan, persamaan regresi yang dihasilkan X2 dengan Y Ŷ = 51,53 + 0,45 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitung (0,039), sedangkan Ltabel untuk n =100 pada taraf siginifkan 0,05 adalah (0,0886) Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung<Ftabel yaitu 0,88 < 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung>Ftabel yaitu 82,18 > 3,94 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearso menghasilkan rxy = 0,675 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 9,065 dan ttabel =1,685. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,675 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 4561 yang menunjukan bahwa 45,61 % variabel hasil belajar ditentukan oleh disiplin belajar This research was conducted at SMK Negeri 31 Jakarta on X grade students, for nine months starting from September 2016 until May 2017. The purpose of this research is to know the relationship between learning motivation with learning outcomes of entrepreneurship subjects and discipline of learning with the results of learning subjects of entrepreneurship On Student class X SMK Negeri 31 Jakarta. The method used is survey method with correlational approach. The population in this study are all students of class X SMK Negeri 31 Jakarta. The population of the class is X Student X as many as 141 Students. The sampling technique used is a simple random technique of 100 Students. The regression equation generated between X1 and Y is Ŷ = 52,31 + 0,42 X1. Test of analysis requirement is test of normality of regression estimation of Y over X1 with Liliefors test yield Lhitung (0,065), while Ltabel for n = 100 at siginifkan level 0,05 is (0,0886) Because Lhitung <Ltabel then error of estimate Y over X1 distributed normal. Test Regression linearity yield Fhitung <Ftabel is 1.10 < 1.72 so it can be concluded that the regression equation is linear. From regression significance test yield Fhitung> Ftable is 58,58 > 3,94, so it can be concluded that the regression equation is significant. Pearso product moment correlation coefficient resulted rxy = 0.612 then tested significance correlation coefficient by using t-test and produced thitung = 7,654 and ttable = 1,685. Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0.612 is positive and significant. The coefficient of determination obtained is 3441 which shows that 37,41% variable of learning result of entrepreneurship subject is determined by learning motivation. Meanwhile, the regression equation generated X2 with Y Ŷ = 51,53 + 0,45 X2. The test of analytical requirement is the normality test of regression estimation of Y over X2 with Liliefors test yield Lhitung (0,039), while Ltabel for n = 100 at the siginifkan 0.05 level is (0,0886) Because Lhitung <Ltabel then the estimated error of Y over X2 is distributed normal. The regression linearity test yields Fhitung < Ftable that is 0.88 < 1.72 so it can be concluded that the regression equation is linear. From regression significance test yield Fhitung > Ftable is 82,18 > 3,94 so it can be concluded that the regression equation is significant. Coefficient of product moment correlation from Pearso produce rxy = 0,675 subsequently tested significance correlation coefficient by using t-test and generated thitung = 9,065 and ttable = 1,685. Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0.675 is positive and significant. Coefficient of determination obtained by 4561 which shows that 45,61% variable of learning result determined by discipline learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dra. Rochyati, M.Pd 2)Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:54
Last Modified: 31 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22300

Actions (login required)

View Item View Item