Keterampilan Mengelola Kelas pada Mahasiswa PKM dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA Negeri 43 Jakarta

Vera Prima Vini Vidiawati, . (2019) Keterampilan Mengelola Kelas pada Mahasiswa PKM dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA Negeri 43 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text
03 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (633kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
05 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (87kB)
[img] Text
07 KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengelola kelas oleh mahasiswa PKM Prodi Pendidikan Bahasa Prancis di SMA Negeri 43 dalam kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM). Lingkup penelitian ini berfokus pada keterampilan mengelola kelas oleh mahasiswa PKM dalam pembelajaran bahasa Prancis di sekolah dengan mengacu pada aspek penilaian yang terdapat dalam Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG) yang telah dibuat oleh Tim PKM UNJ. Pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak dua kali pada semester ganjil 109 yaitu pada bulan September hingga Oktober tahun 2018 pada satu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Kriteria analisis dalam penelitian ini mengacu pada aspek penilaian keterampilan pengelolaan kelas yang terdapat dalam APKG UNJ, aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut: membuat suasana belajar menyenangkan, menegur siswa yang tidak mau belajar, memberi penghargaan kepada siswa, dan menciptakan interaksi siswa dalam belajar, yang didalamnya terdiri dari 23 aspek. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas dalam proses pembelajaran bahasa bahasa Prancis pada mahasiswa yang bersangkutan dalam kategori baik. Dengan presentase pencapaian sebesar 86.05%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:36
Last Modified: 31 Jan 2022 03:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22307

Actions (login required)

View Item View Item