Pembelajaran Improvisasi dalam Permainan Gitar Elektrik Berbasis CAGED System di Istana Nada Music School

Wahyudi Syaputra, . (2019) Pembelajaran Improvisasi dalam Permainan Gitar Elektrik Berbasis CAGED System di Istana Nada Music School. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (391kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui cara mengajarkan CAGED System yang diaplikasikan pada sebuah improvisasi gitar elektrik. Metodologi Penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini adalah metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Istana Nada Music School Jl. Haji Nawi Raya dan dilakukan dari Oktober 2018 hingga Januari 2019. Objek yang di teliti pada penilian ini adalah guru gitar elektrik Development Class di Istana Nada Music School. Hasil Penelitian Pembelajaran Improvisasi Gitar Elektrik Berbasis CAGED System adalah guru mengajarkan siswa mempergunakan metode ceramah, demonstrasi dan metode drill. Guru menginstruksikan siswa untuk menghafalkan susunan pola CAGED System pada fretboard dengan tujuan agar siswa mampu memainkan tangga nada, arpeggio dan juga pentatonik serta melatihnya menggunakan nada dasar lain. Pengaplikasian CAGED System pada sebuah improvisasi berpengaruh terhadap warna suara yang dihasilkan, karena perbedaan senar yang dipergunakan sekalipun dalam range nada yang sama walaupun memiliki sedikit kekurangan. Media yang berpengaruh dalam mengajarkan improvisasi gitar elektrik adalah looper dan backing track yang bermanfaat sebagai pengiring sebuah improvisasi. Melatih improvisasi melodi menggunakan ritme triplet dapat melatih refleks terhadap chord tone serta melatih musikalitas siswa dari segi ritmik. Referensi musik yang didengarkan dapat berpengaruh terhadap cara berimprovisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Edy Husni Rachim M.Pd ; 2). Helena Evelin Limbong M.Sn
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:08
Last Modified: 31 Jan 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item