Wahyudi Syaputra, . (2019) Pembelajaran Improvisasi dalam Permainan Gitar Elektrik Berbasis CAGED System di Istana Nada Music School. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf Download (461kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (391kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui cara mengajarkan CAGED System yang diaplikasikan pada sebuah improvisasi gitar elektrik. Metodologi Penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini adalah metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Istana Nada Music School Jl. Haji Nawi Raya dan dilakukan dari Oktober 2018 hingga Januari 2019. Objek yang di teliti pada penilian ini adalah guru gitar elektrik Development Class di Istana Nada Music School. Hasil Penelitian Pembelajaran Improvisasi Gitar Elektrik Berbasis CAGED System adalah guru mengajarkan siswa mempergunakan metode ceramah, demonstrasi dan metode drill. Guru menginstruksikan siswa untuk menghafalkan susunan pola CAGED System pada fretboard dengan tujuan agar siswa mampu memainkan tangga nada, arpeggio dan juga pentatonik serta melatihnya menggunakan nada dasar lain. Pengaplikasian CAGED System pada sebuah improvisasi berpengaruh terhadap warna suara yang dihasilkan, karena perbedaan senar yang dipergunakan sekalipun dalam range nada yang sama walaupun memiliki sedikit kekurangan. Media yang berpengaruh dalam mengajarkan improvisasi gitar elektrik adalah looper dan backing track yang bermanfaat sebagai pengiring sebuah improvisasi. Melatih improvisasi melodi menggunakan ritme triplet dapat melatih refleks terhadap chord tone serta melatih musikalitas siswa dari segi ritmik. Referensi musik yang didengarkan dapat berpengaruh terhadap cara berimprovisasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Edy Husni Rachim M.Pd ; 2). Helena Evelin Limbong M.Sn |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 04:08 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 04:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22315 |
Actions (login required)
View Item |