HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 62 JAKARTA

SISKA MAISARAH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SISKA MAISARAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan lingkungan belajar dan kesiapan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran pengantar akuntansi pada siswa kelas x di SMK Negeri 62 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 62 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas X SMK Negeri 62 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 100 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dengan Y adalah Ŷ = 46,44 + 0,49X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitug = 0,046, sedangkan Ltabel untuk n = 100 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0886 karena Lhitug < Ltabel maka galat taksiran berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,00 < 1,53 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 66,82 > 3,94 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,637 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,175 dan ttabel = 1,67 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,637 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,4054 yang menunjukan bahwa 40,54% variabel hasil belajar ditentukan oleh lingkungan belajar. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dengan Y adalah Ŷ = 49,91 + 0,46X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Liliefors menghasilkan Lhitug = 0,046, sedangkan Ltabel untuk n = 100 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0886 karena Lhitug < Ltabel maka galat taksiran berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,19 < 1,72 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitng > Ftabel yaitu 75,45 > 3,94 sehingga dapat disimpulkan persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,660 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,686 dan ttabel = 1,685. Dengan demilian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,660 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4350 yang menunjukan bahwa 43,50% variabel hasil belajar ditentukan oleh kesiapan belajar. This study aims to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, and reliable and about the correlation between the learning environment and learning readiness on academic outcome in students of SMK Negeri 62 Jakarta. This research was held at SMK Negeri 62 Jakarta. For four months starting from March 2017 to June 2017. The research method is survey with correlational approach, the population are students of class X SMK Negeri 62 Jakarta. Used simple random technique sampling of 100 students. Meanwhile, the analysis technique of this research using simple linear regression. The resulting regression equation is Ŷ = 46,44 + 0,49X1. The requitment the analysis that estimatted error normality test regretion of Y on X1 with the Liliefors Lcount = 0,046, while Ltable for n = 100 at 0,05 significant level 0,0886 because Lcount < Ltable, the estimated error of Y over X1 is normal distribution. Testing linearity of regretion produces Fcount < Ftable is 1,00 < 1,53 so it is conclued that the equation regretission is linear. The significance regression test for Fcount > Ftable is 66,82 > 3,94 so it is conclued that the equation regretission is linear. Coeficient correlation of Product Moment generatting rxy = 0,637 and the correlation significantce test using tcount = 8,175 dan ttable = 1,67 so it is conclued that corellation coefficient is so possitive & significance. Determonation coefficient obtained 0,4054 and it indicated that 40,54% of the outcome academic with learning environment. The resulting regression equation is Ŷ = 49,91 + 0,46X2. The requitment the analysis that estimatted error normality test regretion of Y on X1 with the Liliefors Lcount = 0,046, while Ltable for n = 100 at 0,05 significant level 0,0886 because Lcount < Ltable, the estimated error of Y over X2 is normal distribution. Testing linearity of regretion produces Fcount < Ftable is 0,19 < 1,72 so it is conclued that the equation regretission is linear. The significance regression test for Fcount > Ftable is 75,45 > 3,94 so it is conclued that the equation regretission is linear. Coeficient correlation of product moment generatting rxy = 0,6060 and the correlation significantce test using tcount = 8,686 dan ttable = 1,67 so it is conclued that corellation coefficient is so possitive & significance. Determonation coefficient obtained 0,4350 and it indicated that 43,50% of the outcome academic with learning readiness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dra. Dientje Griandini, M.Pd. 2)Dita Puruwita, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:06
Last Modified: 31 Jan 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item