PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP WAWASAN INDUSTRI SISWA (Studi Kasus di SMK Al-Akhyar II)

IGNASIUS IRWAN, . (2016) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP WAWASAN INDUSTRI SISWA (Studi Kasus di SMK Al-Akhyar II). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
HALAMAN UTAMA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN SEMUA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode tutor sebaya terhadap wawasan industri siswa yang sudah dan sedang PKL. Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Akhyar II pada bulan September-November 2015. Sampel dari penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program PKL terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok A terdiri dari siswa yang sudah PKL berjumlah 20 orang dan kelompok B terdiri dari 20 siswa yang sedang PKL sehingga total berjumlah 40 siswa. Dari 40 siswa tersebut diberikan soal pre-test tentang industri, hasil pre-test akan mengetahui siswa yang memiliki wawasan industri tinggi dan siswa yang memiliki wawasan industri rendah. Pengujian normalitas data menggunakan uji lilefors diperoleh data tiap kelompok dan baris terdistribusi normal. Hasil homogenitas menggunakan SPSS yang hasilnya datanya homogen. Uji hipotesis dengan uji F Anava dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung antar perlakuan = 2,2005 dan Ftabel = 3,16. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel, maka diperoleh kesimpulan yaitu pemberian metode tutor sebaya kepada siswa yang sudah PKL dengan siswa yang sedang PKL sama efektifnya artinya tidak ada perbedaan secara signifikan. Lalu untuk antar kelompok, Fhitung = 0,0567 dan Ftabel = 4,41. Disimpulkan bahwa F hitung < F tabel, maka diperoleh kesimpulan yaitu untuk siswa yang diberikan metode tutor sebaya antara siswa yang memiliki wawasan industri tinggi dan siswa yang memiliki wawasan industri rendah tidak berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd ; 2). Dra. Ermi Media’s
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 11 Dec 2019 10:56
Last Modified: 11 Dec 2019 10:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item