HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH MAMAJANG SULAWESI SELATAN

MUHAMMAD NURKHOLIS SYAM, . (2021) HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH MAMAJANG SULAWESI SELATAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV New.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
8. Riwayat Hidup-docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPA di MTs Muhammadiyah Mamajang Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Mamajang dan sampel diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner dan tes hasil belajar IPA dinalisis menggunakan statistik deskriftif dan korelasi product momen. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan hubungan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA kelas VIII di MTs Muhammadiyah Mamajang Sulawesi Selatan, yaitu 1) kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPA terdapat hubungan yang signifikan dimana thitung sebesar 2,13 dan ttabel untuk α = 0,05sebesar 4,00 oleh karena thitung lebih kecil dari pada ttabel dengan demikian pada taraf uji signifikan 0,05. Maka terdapat hubungan positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar signifikan hubungan positif terhadap hasil belajar dapat diterima. 2) motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA terdapat hubungan yang signifikan dimana thitung sebesar 1,47 sedangkan ttabel untuk α = 00,5 sebesar 4,00 oleh karena thitung lebih besar dari pada ttabel. 3) berpikir kritis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA terdapat hubungan yang signifikan dimana thitung sebesar 3,30 sedangkan ttabel untuk α = 00,5 sebesar 4,00 oleh karena thitung lebih besar dari pada ttabel. Berpikir kritis adalah kemampuan siswa untuk berpikir secara logis, reflektif, dan produktif yang diaplikasikan dalam menilai sesuatu untuk membuat pertimbangan dan keputusan yang baik, siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi akan mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat sehingga dapat berdampak pada peningkatan hasil belajarnnya. Kata Kunci: Berpikir kritis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA ********** ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the relationship between critical thinking skills and science learning outcomes at MTs Muhammadiyah Mamajang, South Sulawesi. The population in this study were all eighth grade students of MTs Muhammadiyah Mamajang and the samples were taken randomly. The research method used is a survey with a quantitative approach and correlation techniques. Data was collected by giving questionnaires and science learning outcomes tests were analyzed using descriptive statistics and product moment correlations. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, it shows that there is a relationship between critical thinking skills and students' learning motivation on science learning outcomes for class VIII at MTs Muhammadiyah Mamajang, South Sulawesi, namely 1) critical thinking skills with science learning outcomes there is a significant relationship where tcount is 2.13 and ttable for = 0.05 is 4.00 because tcount is smaller than ttable, thus at the significant test level of 0.05. So there is a positive relationship between critical thinking and learning outcomes, a significant positive relationship with acceptable learning outcomes. 2) student learning motivation with science learning outcomes there is a significant relationship where tcount is 1.47 while ttable for = 00.5 is 4.00 because tcount is greater than ttable. 3) critical thinking and learning motivation on science learning outcomes there is a significant relationship where tcount is 3.30 while ttable for = 00.5 is 4.00 because tcount is greater than ttable. Critical thinking is the ability of students to think logically, reflectively, and productively which is applied in assessing something to make good judgments and decisions, students with high critical thinking skills will also get good learning outcomes. The higher the motivation of students will encourage students to study harder and the frequency of learning will increase so that it can have an impact on increasing learning outcomes. Keywords: Critical Thinking, Learning Motivation, Science Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Suyitno Muslim, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13108 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:17
Last Modified: 08 Feb 2022 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22383

Actions (login required)

View Item View Item