HUSNA NURUL FADILLAH, . (2022) TINGKAT LITERASI DIGITAL PADA REMAJA (Studi Deskriptif tentang Tingkat Literasi Digital pada Siswa MTS Al-Ikhlas Gunung Putri Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (493kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (241kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text
09 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Husna Nurul Fadillah. LITERASI DIGITAL PADA REMAJA (Studi Deskriptif tentang Tingkat Literasi Digital pada Siswa MTS Al-Ikhlas Gunung Putri Kabupaten Bogor) di Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor: Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Literasi digital mempunyai urgensi yang penting bagi masa depan negara Indonesia dalam menghadapi derasnya arus perkembangan teknologi, peredaran informasi maupun komersialisasi data. Individu yang memiliki literasi digital yang baik tidak hanya mampu menggunakan perangkat digitalnya saja, melainkan juga mampu untuk menggunakan fitur-fitur diinternet dengan penuh kesadaran, beretika, berbudaya dan mampu menciptakan lingkungan bermedia digital yang aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan tentang tingkat literasi digital remaja pada siswa di MTS Al-Ikhlas Gunungputri Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan memperoleh jumlah sampel sebanyak 75 responden dari 297 populasi siswa kelas 7, 8 dan 9 MTS Al�Ikhlas Gunung Putri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa MTS Al�Ikhlas Gunung Putri masuk ke dalam kategori tinggi tingkat literasi digital pada remaja ini dinilai melalui tiga dimensi yaitu proteksi dengan hasil persentase sebesar 93%, dimensi hak-hak dengan persentase 91%, dan dimensi pemberdayaan dengan persentase 84%. Melalui data hasil penelitian menunjukan bahwa remaja mempunyai pemahaman mengenai pentingnya menggunakan media digital dengan tinggi. Husna Nurul Fadillah. DIGITAL LITERACY AMONG ADOLESCENTS (Descriptive Study on Digital Literacy Level in MTS Al-Ikhlas Gunung Putri Students of Bogor Regency) in Gunung Putri Village, Gunung Putri Subdistrict, Bogor Regency: Thesis, Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2022. Digital literacy has an important urgency for the future of the Indonesian state in the face of the rapid flow of technological developments, information circulation and data commercialization. Individuals who have good digital literacy are not only able to use their digital devices, but also able to use the features on the internet with full awareness, ethical, cultured and able to create a safe and comfortable digital media environment This research aims to: describe the level of digital literacy of adolescents in students at MTS Al-Ikhlas Gunungputri Bogor Regency. This study uses descriptive methods with data collection techniques in the form of questionnaire dissemination and interviews. Sampling technique is done by simple random sampling technique by obtaining a sample number of 75 respondents from 297 student populations of grades 7, 8 and 9 MTS Al-Ikhlas Gunung Putri. The results of this study showed that MTS Al-Ikhlas Gunung Putri students fall into the high category of digital literacy levels in adolescents are assessed through three dimensions, namely protection with a percentage result of 93%, the dimension of rights with a percentage of 91%, and the empowerment dimension with a percentage of 84%. Through the data of the results of the study showed that teenagers have an understanding of the importance of using digital media with high.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Budiaman, M.Si 2) Shahibah Yuliani, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 13166 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 06:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 06:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22517 |
Actions (login required)
View Item |