STRATEGI GURU IPS DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus di SMPN 248 Jakarta)

TRI FEBRIYATI HANDAYANI, . (2022) STRATEGI GURU IPS DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus di SMPN 248 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (674kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor penyebab terjadinya kejenuhan siswa pada pembelajaran jarak jauh. (2) mengetahui strategi guru IPS dalam mengatasi kejenuhan siswa pada pembelajaran jarak jauh di SMPN 248 Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) faktor penyebab terjadinya kejenuhan siswa pada pembelajaran jarak jauh dikarenakan faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal yaitu hilangnya motivasi dalam diri siswa dan kondisi fisik siswa yang mengalami kelelahan. Sedangkan faktor eksternal yaitu keluarga, guru, dan lingkungan sekitar. (2)strategi guru IPS dalam mengatasi kejenuhan siswa pada pembelajaran jarak jauh yaitu pemilihan teknik pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan komunikasi. Pemilihan teknik pembelajaran guru IPS di SMPN 248 Jakarta adalah dengan melakukan teknik pembelajaran yang bervariasi seperti menggunakan media pembelajaran yang berbeda pada setiap pertemuan, memberikan games quiz, dan membuka ruang diskusi pada aplikasi google classroom. Penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS juga bervariasi dan dilengkapi dengan aplikasi game quiz seperti quizizz, nearpod, google classroom, dan lainnya. Komunikasi yang dilakukan oleh guru IPS terjalin dengan baik terhadap wali kelas, siswa, dan orang tua siswa sebagai salah satu cara guru untuk dapat memantau perkembangan belajar siswa dan membantu siswa dalam mengatasi masalah, seperti masalah kejenuhan. This study aims to: (1) find out the factors that cause the saturation of students in distance learning. (2) know the strategy of social science teachers in overcoming the saturation of students in distance learning at SMPN 248 Jakarta. In this study using qualitative research methods with data collection techniques in the form of observations, interviews, and documentation. The results of this study showed that: (1) factors cause the saturation of students in distance learning due to external factors and internal factors. Internal factors are the loss of motivation in students and the physical condition of students who experience fatigue. While external factors are family, teachers, and the surrounding environment. (2) The strategy of social science teachers in overcoming the saturation of students in distance learning is the selection of learning techniques, the use of learning media, and communication. The selection of social science teacher learning techniques at SMPN 248 Jakarta is to perform learning techniques that vary such as using different learning media at each meeting, giving quiz games, and opening a discussion room on the google classroom application. The use of learning media carried out by social science teachers also varies and is equipped with quiz game applications such as quizizz, nearpod, google classroom, and others. Communication conducted by social science teachers is well established with classroom guardians, students, and parents of students as one way teachers can monitor the development of student learning and assist students in overcoming problems, such as saturation problems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri, M.Si ; 2). Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 13327 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:00
Last Modified: 23 Feb 2022 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22540

Actions (login required)

View Item View Item