PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)

INA AGUSTIN, . (2022) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (569kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMAN 1 Cibungbulang Kab Bogor. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cibungbulang Kab Bogor di kelas XI selama 4 bulan terhitung mulai Juli sampai Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini seluruh kelas XI SMAN 1 Cibungbulang Kab Bogor yang berjumlah 316 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 161 dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner pada variabel X sebanyak 40 butir pernyataan dan pengambilan nilai UTS pada variabel Y. uji validitas menggunakan rumus “ korelasi product moment” dan hasilnya menunjukan 40 pernyataan valid dan uji reliabilitas menggunkan rumus “Cronbach alpha” di peroleh rii = 0,994. Dan menyatakan instrumen reliabel. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitan menunjukan bahwa : Terdapat korelasi yang signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah . Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (5,163 > 0,196) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi 0,144 atau 14,4%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X dengan Variabel Y. Karena semakin baik dan berkualitas kreativitas guru maka hasil belajar siswa pun akan ikut terpengaruhi menjadi lebih baik. Kata Kunci : Kreativitas, Hasil Belajar, Pandemi Covid-19 This research aims to find out whether there is an influence of teacher creativity on the results of learning the history of class XI students at SMAN 1 Cibungbulang Kab Bogor. This research was conducted at SMAN 1 Cibungbulang Kab Bogor in class XI for 4 months from July to October 2021. The research method used is a survey method with a correlational approach. The population was affordable in this study all class XI SMAN 1 Cibungbulang Kab Bogor which amounted to 316 students. The sample used in the study was 161 using proportional random sampling techniques. Data analysis techniques are performed with SPSS version 26.0. The data collection technique in this study used questionnaires on variable X as many as 40 statements and took UTS values on variable Y. validity test using the formula "Correlation Product Moment" and the results showed 40 valid statements and reliability test using the formula "Cronbach alpha" obtained rii = 0.994. Data analysis techniques use the product moment correlation formula. The results showed that: There is a significant correlation between teacher creativity and student learning outcomes in history subjects. This is indicated by rhitung values > rtabel(5,163 > 0,196) and significance values of 0.000 < 0.05 and coefficients of determination of 0.144 or 14.4%. It can be concluded that there is an influence between variable X and Variable Y. Because the better and quality of teacher creativity, students' learning outcomes will also be affected for the better. Keywords: Creativity, Learning Outcomes, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Umasih.M.Hum ; 2. Humaidi,S.Pd,M.Hum
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 13260 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2022 03:19
Last Modified: 26 Feb 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item