PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X SMKN 39 JAKARTA

MUHAMMAD SANDY ANANDA PRATAMA, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X SMKN 39 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
CATATAN LAPANGAN siklus I per 1.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DLL.pdf

Download (206kB)
[img] Text
JURNAL SANDY.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif melalui model Pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa X TKR 2 SMKN 39 Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini memiliki dua variabel yaitu model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan hasil belajar teknik listrik dasar otomotif siswa. Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi tiga siklus, dan pada setiap siklusnya diterapkan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Pada siklus I, diperoleh hasil belajar teknik listrik dasar otomotif pada materi dasar-dasar elektronika yaitu kapasitor dengan hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kelas=65,32 ; nilai pencapaian target=19,35% ; nilai tertinggi=85 ; nilai terendah=30 dan modus=65. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh hasil belajar teknik listrik dasar otomotif pada materi dasar-dasar elektronika yaitu kapasitor dengan hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kelas=74,19 ; nilai pencapaian target=64,52% ; nilai tertinggi=95 ; nilai terendah=50 dan modus=80. Dan pada siklus III, diperoleh hasil belajar teknik listrik dasar otomotif pada materi dasar-dasar elektronika yaitu kapasitor dengan hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kelas=88,10 ; nilai pencapaian target=87,10% ; nilai tertinggi=100 ; nilai terendah=60 dan modus=85. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar teknik listrik dasar otomotif siswa di setiap siklusnya dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Dudung, M.Pd ; 2). Drs. Sopiyan
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 16 Dec 2019 14:37
Last Modified: 16 Dec 2019 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item