PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN DIGITAL "PERJALANAN SI AIR" UNTUK KELAS V SDS TIRANUS JAKARTA TIMUR

WIDYANINGSIH, . (2022) PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN DIGITAL "PERJALANAN SI AIR" UNTUK KELAS V SDS TIRANUS JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik pembelajaran digital “Perjalanan Si Air” yaitu berupa berupa komik pembelajaran digital untuk mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Integrative Learning Development Framework (ILDF) yang mencakup 3 tahapan, yaitu Tahap Eksplorasi, Penyusunan, dan Evaluasi. Tahap eksplorasi menghasilkan informasi analisis kebutuhan peserta didik, pada tahap penyusunan menghasilkan produk komik digital pembelajaran. Evaluasi pada pengembangan ini dilakukan melalui expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation yang melibatkan 2 ahli materi, 1 ahli media, dan 12 pengguna. Nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi adalah 3,67 (sangat baik), sedangkan dari ahli media memperoleh 3,7 (sangat baik). Pada tahap one-to-one evaluation, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,4 (sangat baik), sedangkan dari tahap small group evaluation mendapatkan nilai rata-rata adalah 3,58 (sangat baik). Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka produk komik pembelajaran digital “Perjalanan Si Air” yang telah dikembangkan dianggap sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada sub tema Manusia dan Lingkungan. This development research aims to produce a product digital learning comic called “Perjalanan Si Air” in the form of digital learning comic for elementary school five grade science subject. The development model used in this study is the Integrative Learning Development Framework (ILDF) which includes 3 stages, namely Exploration, Enactment, and Evaluation. In Exploration produces students needs analysis, in Enactment produces product digital learning comic. Evaluation on this development was carried out through expert review and one-to-one evaluation and small group evaluation involving 2 material experts, 1 media expert, and 12 users. The average score obtained from material experts is 3,67 (very good), while from media experts it is 3,7 (very good). In the one-to-one evaluation stage, the average score obtained was 3,4 (very good), while from small group evaluation, the average score obtained was 3,58 (very good). Based on the results of the assessment, the digital learning comic “Perjalanan Si Air” product that has been developed is considered very well and worth to be used in Human and Environment sub theme.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Diana Ariani, M.Pd ; 2). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 13196 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2022 04:52
Last Modified: 04 Mar 2022 07:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item