PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PERMAINAN MENULIS BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 98 JAKARTA SUB TOPIK GEGENSTÄNDE IN DER SCHULE.

NURMALA PANCARANI, . (2021) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PERMAINAN MENULIS BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 98 JAKARTA SUB TOPIK GEGENSTÄNDE IN DER SCHULE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris yang valid tentang pengaruh teknik pembelajaran permainan menulis berantai terhadap keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta sub topik Gegenstände in der Schule. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Control Group Pre-test Post-test. Sampel penelitian adalah kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Random Sampling dengan cara mengundi kelas secara acak. Dari hasil penelitian diketahui bahwa analisis data menggunakan rumus Uji T dengan memperoleh thitung sebesar 5,076 dengan derajat kebebasan (dk) n – 2 = 30 – 2 = 28 dan taraf signifikansi α = 0,05 didapatkan ttabel sebesar 2,04841. Sehingga thitung > ttabel ( 5,076 > 2,048). Dengan demikian, hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima. Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh teknik pembelajaran permainan menulis berantai terhadap keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta pada sub topik Gegenstände in der Schule. The study aims to obtain valid empirical data on the effect of chain writing game learn techniques on the German sentence writing skills of students of grade X of State High School 98 Jakarta sub topic Gegenstände in der Schule. The research method used in this study is a quantitative method with a control group pre-test post-test research design. The research sample was class X IPS 4 as an experimental class and class X IPS 2 as a control class. The sampling technique in this study uses random sampling techniques by randomly selecting classes. From the results of the study it is known that the analysis of data using the formula T Test by obtaining thitung of 5.076 with degrees of freedom (dk) n - 2 = 30 - 2 = 28 and the level of significance α = 0.05 obtained ttabel of 2.04841. So thitung > ttabel (5,076 > 2,048). Thus, the null hypothesis is rejected while the alternative hypothesis is accepted. So the conclusion of this study is that there is an effect of serial writing game learn techniques on the German sentence writing skills of students of Grade X of State High School 98 Jakarta on the sub topic Gegenstände in der Schule.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Ellychristina Hutubessy, M.Pd 2. Dra. Miranda Yunus, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 13889 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 05:45
Last Modified: 07 Mar 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item