MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH MENULIS BAHASA MANDARIN

SARAH NADIA, . (2022) MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM JARINGAN PADA MATA KULIAH MENULIS BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ daring) adalah pembelajaran tanpa kontak tatap muka langsung antara pendidik dan peserta didik, sehingga menggunakan internet sebagai media pembelajarannya. Pemanfaatan teknologi berupa aplikasi sebagai media PJJ daring diperlukan demi menunjang kegiatan pembelajaran. Pada pelaksanaan PJJ daring, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (PSPBM FBS UNJ) menggunakan berbagai aplikasi daring, termasuk pada pembelajaran mata kuliah Menulis Dasar I sampai IV bahasa Mandarin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aplikasi yang digunakan dalam PJJ daring mata kuliah Menulis Dasar I sampai IV bahasa Mandarin di PSPBM FBS UNJ, pemanfaatan aplikasi yang digunakan, serta pandangan pendidik dan peserta didik mengenai aplikasi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Responden pada penelitian ini adalah 4 orang dosen pengampu mata kuliah Menulis Dasar I sampai IV pada semester 113 dan 114 di PSPBM FBS UNJ, serta 42 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang digunakan pada PJJ daring mata kuliah Menulis Dasar I sampai IV adalah aplikasi Zoom, Google Meet, Google Classroom, WhatsApp, Jamboard, Google Form, Pear Deck dan YouTube. Pemanfaatan aplikasi yang digunakan selama PJJ daring meliputi penyampaian informasi perkuliahan, pendistribusiaan materi, penyampaian materi, tempat diskusi, penyampaian sumber belajar tambahan, praktik menulis aksara Han, hingga pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan pandangan pendidik dan peserta didik, dapat diketahui bahwa masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti kemudahan akses, atau terkait kebutuhan sinyal internet. Online distance learning is learning without direct face-to-face contact between teacher and students, thus using internet as the learning media. The utilization of technology in form of applications as online distance learning media is needed to support learning activities. During the implementation of online distance learning, Department of Chinese Language Education Faculty of Language and Arts State University of Jakarta (PSPBM FBS UNJ) used various online applications, including in Basic Chinese Writing course I-IV. This study was conducted to determine the applications used in online distance learning for Basic Chinese Writing course I-IV in PSPBM FBS UNJ, the utilization of application, along with the opinions of teachers and students regarding the application used. This study used a descriptive qualitative method with interview and questionnaires as the collection data techniques. The respondents of this study are 4 teachers who taught Basic Chinese Writing course I-IV in 113 and 114 semesters in PSPBM FBS UNJ, as well as 42 students who took these courses. The result of this study shows that the applications used in online distance learning for Basic Chinese Writing course I-IV are Zoom, Google Meet, Google Classroom, WhatsApp, Jamboard, Google Form, Pear Deck and YouTube. The utilization of applications used during online distance learning are passing out the lecture informations, distributing and giving materials, a discussion space, passing out additional learning resources, practicing writing Hanzi, and learning evaluation. Based on the opinions of teachers and students, it can be seen that each of the applications have advantages and disadvantages, such as ease of access, or related to the need of internet signal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rizky Wardhani, S.S., M.Pd., M.TCSOL. 2). Vanya Zelia, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 13758 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:06
Last Modified: 07 Mar 2022 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item View Item