Anastasia Marsella, . (2017) PENGARUH EMPATI TERHADAP KOMITMEN MENGAJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR COVER.pdf Download (174kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
4. LEMBAR PUBLIKASI SKRIPSI.pdf Download (252kB) |
|
Text
6. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text
7. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (152kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (289kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (366kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (526kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap komitmen mengajar. Empati dapat ditinjau melalui 2 dimensi, yaitu: kognitif dan afektif. Sementara komitmen mengajar meliputi lima dimensi, yaitu: identifikasi dengan siswa, identifikasi dengan materi pelajaran, keterlibatan dengan siswa, keterlibatan dengan materi pelajaran, serta loyalitas dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Penelitian menggunakan instrumen empati yang diadaptasi dari instrumen a Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy (QCAE), dan instrumen komitmen mengajar dimodifikasi dari instrumen komitmen mengajar berdasarkan teori dari Tyree. Cronbach alpha empati sebesar 0,90 dan untuk komitmen mengajar sebesar 0,84. Sampel penelitian ini sebanyak 72 responden, yaitu guru SD Negeri di DKI Jakarta. Penelitian ini menemukan terdapat pengaruh empati terhadap komitmen mengajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi dengan persamaan regresi Y = 0,733 + 0,723 X, artinya semakin tinggi empati, maka semakin tinggi komitmen mengajar seorang guru. Persentase pengaruh yang dihasilkan sebesar 14,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Iriani Indri Hapsari, M.Psi ; 2). Mauna, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 15:48 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 15:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |