MAISARANI ZAHRA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline berbasis Mobile Learning pada pembelajaran Tematik, Tema 3 Benda di Sekitarku, Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku, untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Pengembangan ini diperlukan untuk menciptakan variasi media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima rangkaian tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen penilaian yang digunakan berupa angket kuesioner, dengan validasi produk melibatkan tiga ahli dibidangnya, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil yang di dapatkan dari validasi oleh ahli media memperoleh skor 97,4% dalam kategori sangat baik; validasi oleh ahli materi mendapatkan skor sebesar 94% dengan kriteria sangat baik; dan skor validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor 76% dengan kategori baik. Produk dalam pengembangan ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada pembelajaran jarak jauh. This study aims to develop mobile learning-based Articulate Storyline learning media in Thematic Learning Theme 3 “Benda di sekitarku”, Sub-theme 1 “Aneka Benda di Sekitarku” for elementary school students. This development was needed to create variation of the learning media used during long-distance learning in elementary school.This research uses the type of research and development (RnD) with ADDIE development mode. ADDIE models consist of five stage: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.The assesments instrument used were questionnaires and product assesments were carried out by three expert: media experts, material experts, dan linguists.The results obtained from validation by media experts score 97,4 % with very good categories; validation by material experts obtained a score of 94% with very good criteria; and the results of the assesment of linguists obtained a score of 76% eith good criteria. The developed product can be used as an alternative learning medium for distance learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si ; 2). Linda Zakiah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14244 not found. |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 01:49 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 01:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/23747 |
Actions (login required)
View Item |