RARAS SHINTA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 40 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BISMILLAH SKRIPSI RARAS SHINTA.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 40 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 40 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 114 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,860) > ttabel (1,66). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,862) > ttabel (1,66). Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 55,34 + 0,38X (X1) dan Ŷ = 66,35 + 0,25X (X2). Hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi product moment sebesar 0,640. Jadi kemampuan dari variabel lingkungan keluarga untuk menjelaskan prestasi belajar secara parsial sebesar 40,91%. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi Product Moment sebesar 0.642. Jadi kemampuan dari variabel motivasi belajar untuk menjelaskan prestasi belajar secara parsial sebesar 41,22% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini. This study aims to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, and reliable and about the correlation between the family environment and learning motivation on academic achievement in students of SMK Negeri 40 jakarta. This research was held at SMK Negeri 40 Jakarta. For four months starting from March 2017 to June 2017. The research method is survey with correlational approach, the population are students of class XI SMK Negeri 40 Jakarta. Used simple random technique sampling of 114 students. Meanwhile, the analysis technique of this research using simple linear regression. The hypothesis of this study shows that: (1) There is a positive and significant correlation between family environment on academic achievement, this hypothesis is proved by thitung (8,860)> ttable (1.66). (2) There is a positive and significant correlation between learning motivation on academic achievement, this hypothesis is proved by thitung (8,862)> ttable (1.66). The simple regression equation obtained is Ŷ = 55.34 + 0.38X (X1) and Ŷ = 66.35 + 0.25X (X2). Thecorrelation between family environment on academic achievement is obtained from the product moment correlation coefficient is 0.640. So the ability of the family environment variable to explain academic achievement is 40.91% in partial. The correlation between learning motivation and academicachievement is obtained from the Product Moment correlation coefficient is 0.642. So the ability of learning motivation variable to explain academic achievement is 41,22% in partial, while another influenced by other factors outside of this research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Nurahma Hajat, M.Si 2) Dita Puruwita, M.Si |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 07:16 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 07:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24017 |
Actions (login required)
View Item |