PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN PADA KELAS V SD

LARASATI PUTRI PRASETYO, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN PADA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif yang dibuat dengan Articulate Storyline berbasis Mobile Learning pada muatan PPKn dalam materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab dalam masyarakat. Target pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 04 Karet. Metode yang dipakai dalam penelitian R&D ini adalah model ADDIE dengan menggunakan teknik evaluasi skala likert. Analisis data dilakukan dengan cara wawancara dan angket kepada guru dan peserta didik. Dalam pengembangan, validasi media diperoleh nilai sebanyak 95% dengan keterangan sangat layak, validasi materi diperoleh nilai sebanyak 91% dengan keterangan sangat layak, validasi bahasa diperoleh nilai sebanyak 97% dengan keterangan sangat layak. Penilaian juga dilakukan oleh 5 peserta didik dalam uji coba one to one mendapatkan nilai 97% dengan keterangan sangat baik, penilaian pada 10 peserta didik dalam uji coba small group mendapatkan nilai 94% dengan keterangan sangat baik, dan penilaian pada 20 peserta didik dalam uji coba field test mendapatkan nilai 97% dengan keterangan sangat baik. Hasil dari penelitian pengembangan produk media interaktif articulate storyline pada muatan PPKn untuk kelas V SD ini dapat dinyatakan valid dan sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh online maupun digunakan dalam kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah. ************ This study aims to develop interactive learning media made with Articulate Storyline with Mobile Learning basist on the content of Civics Education in the matter of rights, obligations, and responsibilities in society. The target of this research is the fifth grade students of 04 Karet Elementary School. The method used in this R&D research is the ADDIE model using likert scale evaluation technique. Data analysis was carried out by interviews and questionnaires for teacher and students. In development, media validation obtained a value of 95% with very good category, material validation obtained a value of 91% with very good category, language validation obtained a value of 97% with very good category. The assessment was also carried out by 5 students in the one to one trial getting a score of 97% with very good category, the assessment of 10 students in the small group trial getting a score of 94% with very good category, and the assessment of 20 students in the trial field test got a score of 97% with very good category. The results of this research on the development of interactive interactive media products with mobile learning basist on the content of Civics Education for Grade V Elementary School can be declared valid and very suitable for use in online distance learning or use in face-to-face learning activities at school. Furthermore, this learning media can be expanded by using other Civics material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra MU, S.Pd,M.Si. ; 2). Linda Zakiah, M,Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14256 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2022 00:43
Last Modified: 17 Mar 2022 00:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24057

Actions (login required)

View Item View Item