HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA GO-JEK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

KHAIRUL ANWAR, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA GO-JEK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
8135128131_cover.pdf

Download (223kB)
[img] Text
8135128131_abstract.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8135128131_chapter_1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
8135128131_chapter_2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
8135128131_chapter_3.pdf

Download (553kB)
[img] Text
8135128131_chapter_4.pdf

Download (490kB)
[img] Text
8135128131_chapter_5.pdf

Download (167kB)
[img] Text
8135128131_table_of_content.pdf

Download (92kB)
[img] Text
8135128131_uji_turnitin.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (26kB)
[img] Text
8135128131_bibliography.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta, selama enam bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas layanan dengan keputusan pembelian dan hubungan antara persepsi harga dengan keputusan pembelian menggunakan jasa GO-JEK pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun angkatan 2014 sampai dengan 2016 Pendidikan Tata Niaga yang pernah menggunakan jasa GO-JEK dua kali atau lebih dan merasa mengetahui kelebihan serta kekurangan dari pelayanan jasa GO-JEK. Populasi terjangkaunya adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga berjumlah 171 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 108 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah X1 dengan Y adalah Ŷ= 30,27 + 0,622 X1 uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,61, sedangkan Ltabel untuk n = 108 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,085 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,26 < 1,58 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 63,51 > 3,93 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rx1y = 0,612 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi menggunakan uji-t, dihasilkan thitung = 7,97 dan ttabel = 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rx1y = 0,612 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,3747 yang menunjukan bahwa 37,47% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh kualitas layanan dan sisanya dipengaruhi oleh kualitas produk serta fitur produk. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah X2 dengan Y adalah Ŷ= 39,54 + 0,552 X2 Uji persyaratan analisis yaitu Uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,77, sedangkan Ltabel untuk n = 108 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,085 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,37 < 1,58 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 43,07 > 3,93 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rx2y = 0,537 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan Uji-t dan dihasilkan thitung = 6,56 dan ttabel = 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rx1y = 0,537 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,2889 yang menunjukan bahwa 28,89% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh persepsi harga dan sisanya dipengaruhi oleh promosi iklan, citra merek, serta kepercayaan. The study conducted in State University of Jakarta, from March 2017 until June 2017. The study aimed to find out whether there is a relationship between the service quality with the purchase decision and the relationship between price perception with purchase decision of GO-JEK service-used in Commerce Education Students Study Program in State University of Jakarta. The method of the study was survey with correlational approach. The population of the study was 171 students of Tata Niaga Education who have used the service of GO-JEK for two times or more and found the advantages and disadvantages of GO-JEK services. The writer used purposive sampling as the sampling technique method of 108 people. The regression equation produced was X with Y is Ŷ = 30,27 + 0,622 X1. Test requirement analysis that is Normality Test The error of regression estimation of Y over X1 with Lilliefors test yield Lcount = 0,61, while Ltabel for n = 108 at significant level 0.05 is 0.085 because Lcount <Ltable the estimated error of Y over X1 is normally distributed. Linierity Test Regression yield Fcount <Ftabel is 1.26 <1.58 which can be concluded that the regression equation is linear. Test of significance Regression yield Fcount> Ftable that is 63,51> 3,93 so concluded that regression equation is significant. Pearson product moment correlation coefficient resulted rx1y = 0.612 then tested the significance of Correlation Coefficient by using t-test and generated tc = 7.97 and ttable = 1.66. Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rx1y = 0.612 is positive and significant. Coefficient of determination obtained by 0.3747 which shows that 37.47% variable purchase decision is determined by the quality of service, while the rest are determined by product quality, brand image, and product feature. The regression equation produced is X² with Y is Ŷ = 39,54 + 0,552 X2 Test requirement analysis that is Normality Test The error of regression estimation of Y over X1 with Lilliefors test yield Lcount = 0,77, while Ltabel for n = 108 at significant level 0.05 is 0.085 because Lcount <Ltable then the estimated error of Y over X2 is normally distributed. Linearity Test Regression yield F count <Ftable is 1.37 <1.58 so it is concluded that the regression equation is linear. Test of significance Regression yield Fcount> Ftable is 43,07> 3,93 so it is concluded that regression equation is significant. Pearson product moment correlation coefficient resulted rx2y = 0.537 then tested the significance of correlation coefficient by using t-test and generated tcount = 6,56 and ttable = 1,66. Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rx1y = 0.537 is positive and significant. Coefficient of determination obtained by 0.2889 which shows that 28.89% variable purchase decision is determined by price perception, and the others are affected by advertising campaign, brand image, and trust.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tjutju Fatimah, M.Si 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Mar 2022 00:59
Last Modified: 10 Mar 2022 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item View Item