MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN TEBET TIMUR 17 PAGI JAKARTA SELATAN

Joko Prabowo, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN TEBET TIMUR 17 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.LEMBAR JUDUL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2.LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
7.LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
11.BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
12.BAB II.pdf

Download (90kB)
[img] Text
13.BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
14.BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
15.BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
17.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang kenampakan alam melalui media audio visual di kelas IV SDN Tebet Timur 17 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun prosedur penelitiannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan data pada siklus I, hasil belajar yang diperoleh sebesar 45% atau hanya 9 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Pada siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 90% atau sebanyak 18 siswa memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Adapun penggunaan media audio visual pada siklus I, pemantau tindakan guru dan siswa mencapai 76,78% dan pada siklus II mencapai 83,92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tebet Timur 17 Pagi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:47
Last Modified: 19 Dec 2019 14:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item