MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SDS PERGURUAN RAKYAT 4 JAKARTA TIMUR

Joko Prasetio Sumakmur, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SDS PERGURUAN RAKYAT 4 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
00. Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
1.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
3.SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 RPP.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 LEMBAR EVALUASI (TES TULIS).pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5 DATA HASIL BELAJAR IPA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN 7 VALIDASI INSTRUMEN TES PDF.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas V SDS Perguruan Rakyat 4 Jakarta Timur yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun prosedur peneitiannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan data pada siklus I, hasil belajar yang diperoleh sebesar 57% atau hanya 12 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Pada siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 85% atau sebanyak 18 siswa memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Adapun penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) pada siklus I, pemantau tindakan guru dan siswa mencapai 73% dan pada siklus II mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDS Perguruan Rakyat 4 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sutrisno, M.Si 2) Drs. Adi Putra, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:49
Last Modified: 19 Dec 2019 14:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item