PENGEMBANGAN SELF HELP BOOK UNTUK MENGATASI KESEPIAN PADA REMAJA DENGAN TEKNIK MENULIS CERITA

RINA FITRIANA, . (2022) PENGEMBANGAN SELF HELP BOOK UNTUK MENGATASI KESEPIAN PADA REMAJA DENGAN TEKNIK MENULIS CERITA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan self help book untuk mengatasi kesepian pada peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama. Self help book ini ditujukan untuk mengatasi masalah kesepian yang dialami peserta didik secara mandiri. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah DBR (Design By Research) sebagai metode dalam mengembangkan media. Teknik pengumpulan data antara lain wawancara guru bimbingan dan konseling, menyebarkan angket untuk analisa kebutuhan awal serta menyebarkan instrumen UCLA Loneliness Scale ver.3. Analisa data menggunakan metode kualitatif untuk wawancara dan statistika deskriptif. Pada analisis hasil uji ahli media dan materi dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif menggunakan skala likert (rentang skor 1 hingga 5) lalu diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 36 peserta didik mengalami kesepian yang tinggi, 95 peserta didik mengalami kesepian yang sedang dan 29 peserta didik mengalami kesepian yang rendah. Peserta didik dengan tingkat kesepian tinggi yang akan menjadi pengguna untuk media self help book. Hasil validitas yang diperoleh dari ahli materi sebesar 78% yang termasuk dalam kategori Layak berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu konteks, materi dan ilustrasi. Sementara hasil validitas yang diperoleh dari ahli media sebesar 88% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak berdasarkan enam aspek penilaian yaitu desain cover, desain isi, bahasa, ilusttrasi, tipografi dan layout. Selain itu, dilakukan uji keterbacaan dengan guru bimbingan dan konseling yang mendapatkan hasil persentase sebesar 100% yang termasuk dalam kategori sangat layak berdasarkan dua aspek penilaian yaitu desain dan materi. Kemudian uji keterbacaan juga dilakukan kepada tiga peserta didik kelas VIII yang mendapatkan hasil persentase sebesar 90% yang termasuk dalam kategori layak berdasarkan dua aspek penilaian yaitu desain dan materi. Berdasarkan hasil validitas tersebut, media self help book untuk mengatasi kesepian pada remaja dengan teknik menulis cerita dinyatakan layak. This study aims to develop a self-help book to overcome loneliness in class VIII students in junior high school in Tangerang. This self-help book is designed for self help services to manage students who experienced loneliness issues. The targeted sample in this study was VIII grade students utilizing the purposive sampling technique. Media development in this research was using a DBR (Design Based Research) as research method. The steps of collecting data consist of interviewing guidance and counseling teachers, distributing questionnaires to examine initial needs, and the UCLA Loneliness Scale ver.3 instrument subsequently. Interview based on qualitative methods and descriptive statistics applied as data analysis in this research. Media and the Material expert review were examined by converting quantitative data using a likert scale (score range 1 to 5) thus interpreted descriptively. The result of the study showed that 36 students experienced high loneliness, 95 students experienced moderate loneliness, and 29 students experienced low loneliness. The content expert validation score on the self-help book is 78% and categorized as Eligible based on three aspects of the assessment: context, material, illusttration. Thus, the media expert validation score is 88% which belong as very feasible based on sic aspects of the assessment: cover design, content design, language, illustrayion, typography, layout. In addition, a readability test by guidance and counseling teacher as subjects getting a result score of 100%, the self-help book was getting a very feasible category based on two aspects on the assessment: design and content. Furthermore, the readability test on three-class VIII students showed a result of 90% and predicate feasible based on the assessment: design and content. The self-help book media to overcome loneliness in adolescents with the story writing technique based on expert validation and readability tests were apprised feasible.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karsih M.Pd ; 2). Dr. Susi Fitri, M.Si.,Kons.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14218 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:39
Last Modified: 14 Mar 2022 06:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24290

Actions (login required)

View Item View Item