STRATEGI COPING BERDASARKAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19

FARAS EKA PRATIWI, . (2022) STRATEGI COPING BERDASARKAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi coping yang digunakan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19 berdasarkan tingkat stres akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 315 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk stres akademik adalah Gadzella’s Student Life Stress Inventory dan untuk alat ukur coping stress menggunakan Brief COPE. Analisis data menggunakan Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan penggunaan strategi coping pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi COVID-19 berdasarkan tingkat stres akademik yang mereka alami. Mahasiswa dengan tingkat stres akademik rendah cenderung menggunakan strategi emotion-focused coping, mahasiswa dengan tingkat stres akademik sedang cenderung menggunakan strategi problem-focused coping, dan mahasiswa dengan tingkat stres akademik tinggi cenderung menggunakan strategi emotion-focused coping. ------------------ This study aims to determine the differences in the coping strategies used by students who are completing their thesis during the COVID-19 pandemic based on the level of academic stress. This study uses quantitative methods. The sampling technique used is purposive sampling with 315 undergraduate students as samples. The measuring instrument used for academic stress is Gadzella's Student Life Stress Inventory and for measuring coping using Brief COPE. The data processing method used in testing the hypothesis is Kruskal-Wallis with the results it is known that there are differences in the use of coping strategies for students who are completing thesis during the COVID-19 pandemic based on the level of academic stress. Students with low levels of academic stress tend to use emotion-focused coping, students with moderate levels of academic stress tend to use problem-focused coping, and students with high levels of academic stress tend to use emotion-focused coping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14122 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 00:44
Last Modified: 15 Mar 2022 00:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item View Item