PENGARUH NILAI, SIKAP, DAN SENSATION SEEKING TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI PULAU KOMODO DENGAN MOTIVASI SEBAGAI INTERVENING

NUUR ANNISA SYNTHIA DEVI, . (2017) PENGARUH NILAI, SIKAP, DAN SENSATION SEEKING TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI PULAU KOMODO DENGAN MOTIVASI SEBAGAI INTERVENING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
8215132364_cover.pdf

Download (568kB)
[img] Text
8215132364_abstrak.pdf.pdf

Download (94kB)
[img] Text
8215132364_table_of_content.pdf.pdf

Download (178kB)
[img] Text
8215132364_chapter1.pdf.pdf

Download (463kB)
[img] Text
8215132364_chapter2.pdf.pdf

Download (613kB)
[img] Text
8215132364_chapter3.pdf.pdf

Download (679kB)
[img] Text
8215132364_chapter4.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8215132364_chapter5.pdf.pdf

Download (109kB)
[img] Text
8215132364_Bibliography.pdf.pdf

Download (944kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menguji secara empiris pengaruh nilai terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, (2) menguji secara empiris pengaruh sikap terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, (3) menguji secara empiris pengaruh sensation seeking terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, (4) menguji secara empiris pengaruh motivasi terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, (5) menguji secara empiris pengaruh nilai terhadap motivasi mengunjungi Pulau Komodo, (6) menguji secara empiris pengaruh sikap terhadap motivasi mengunjungi Pulau Komodo, (7) menguji secara empiris pengaruh sensation seeking terhadap motivasi mengunjungi Pulau Komodo. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 300 responden dengan metode purposive sampling yang merupakan adalah karyawan yang bekerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat yang pernah, belum, dan berencana mengunjungi Pulau Komodo. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) AMOS versi 2.2 dan Spss versi 2.1. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 6.398 > 2.00 dan P *** > 0.05 yang berarti hipotesis pertama diterima, (2) sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 5.782 < 2.00 dan P *** > 0.05 yang berarti hipotesis kedua diterima, (3) sensation seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 4.224 < 2.00 dan P *** > 0.05 yang berarti hipotesis ketiga diterima, dan (4) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 4.925 > 2.00 dan P *** < 0.05yang berarti hipotesis keempat diterima, (5) nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 4.295 > 2.00 dan P *** < 0.05yang berarti hipotesis kelima diterima, (6) sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 5.224 > 2.00 dan P *** < 0.05yang berarti hipotesis keenam diterima, (7) sensation seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengunjungi Pulau Komodo, terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai C.R 4.089 > 2.00 dan P *** < 0.05yang berarti hipotesis ketujuh diterima. The objectives of this study were to: (1) empirically examine the influence of values on the intention to visit Komodo Island, (2) empirically test the influence of attitudes on intention to visit Komodo Island, (3) empirically test the influence of sensation seeking on the intention to visit Komodo Island, 4) empirically test the influence of motivation on the intention to visit Komodo Island, (5) empirically test the influence of value on motivation to visit Komodo Island, (6) empirically test the influence of attitude on motivation to visit Komodo Island, (7) empirically test the influence of sensation seeking on motivation to visit Komodo Island. The population in this study are employees who work in Sudirman area, Central Jakarta. The number of samples takes as 300 respondents. The number of samples is determined by Slovin formula that is as much as 300 respondents with purposive sampling method which is an employee who work in Sudirman area, Central Jakarta who has, have not, and planned to visit Komodo Island. Data analysed using SEM (Structural Equation Modeling) AMOS version 2.2 and SPSS version 2.1. The result of hypothesis test show: (1) value has positive and significant influence on the intention to visit Komodo Island, proved by testing resulted CR value 6,398> 2.00 and P ***> 0.05 which means first hypothesis accepted, (2) attitude positive and significant on the intention to visit Komodo Island, proved through a test that yields CR value of 7,782 <2.00 and P ***> 0.05 which means the second hypothesis is accepted, (3) sensation seeking has a positive and significant influence on the intention to visit Komodo Island, CR 4.224 <2.00 and P ***> 0.05 which means the third hypothesis is accepted, and (4) motivation has a positive and significant influence on the intention to visit Komodo Island, proven by the test that yields CR value 4,925> 2.00 and P *** <0.05 Means the fourth hypothesis is accepted, (5) value has a positive and significant influence on the motivation to visit Komodo Island, proved by test that yields CR value of 4,295> 2.00 and P *** <0.05 which means the fifth hypothesis is accepted, (6) attitude has positive and significant influence on motivation to visit Komodo Island, proved by testing that resulted CR value of 5.224> 2.00 and P * ** <0.05 which means the sixth hypothesis is accepted, (7) sensation seeking has a positive and significant influence on the motivation to visit Komodo Island, proven by testing that yields CR values of 4.089> 2.00 and P *** <0.05 which means the seventh hypothesis is accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Usep Suhud M.Si., Ph.D. 2) Shandy Aditya BIB. MPBS
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:21
Last Modified: 14 Mar 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24400

Actions (login required)

View Item View Item