IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 6 JAKARTA

ALFANDI YANTO, . (2022) IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 6 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Alfandi Yanto, Implementasi Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 6 Jakarta, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi hybrid learning dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 6 Jakarta dengan rincian, 1) untuk mengetahui bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) hybrid learning PAI, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran hybrid learning PAI, dan 3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran hybrid learning PAI di SMK Negeri 6 Jakarta. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI secara hybrid learning di SMK Negeri 6 Jakarta. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Jakarta, dengan waktu penelitian yang dimulai pada bulan Oktober hingga Desember. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori mengenai hybrid learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam pembelajaran hybrid learning di SMK Negeri 6 Jakarta yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan pemerintah dan sesuai dengan silabus serta kurikulum yang berlaku di SMK Negeri 6 Jakarta. Kedua, model pelaksanaan hybrid learning yang dilaksanakan di SMK Negeri 6 Jakarta ialah pelaksanaan pembelajaran secara luring dan daring secara bergantian dengan jadwal yang telah ditetapkan. Untuk media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran secara hybrid learning di SMK Negeri 6 Jakarta meliputi LMS elearning smkn6 sebagai media pusat kegiatan belajar mengajar, serta media pendukung lainnya seperti whatsapps, telegram, google classroom, zoom meeting, google meets, power points, video pembelajaran, dan buku PAI. Sedangkan untuk metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode ceramah, presentasi, diskusi, dan baca tulis qur’an. Ketiga proses evaluasi pembelajaran hybrid learning meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Adapun kelebihan pembelajaran secara hybrid learning antara lain ialah fleksibel, praktis, menambah wawasan, membuat siswa belajar mandiri, dan menghilangkan kejenuhan belajar. Sedangkan kekurangan pembelajaran secara hybrid learning ialah pelaksanaanya masih terbatas. Kata kunci : Implementasi, hybrid learning, PAI ************************* ABSTRACT Alfandi Yanto, Implementation of Hybrid Learning in Islamic Religious Education Learning at SMK Negeri 6 Jakarta, Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. 2022 This research aims to find out how the implementation of hybrid learning in PAI learning in SMK Negeri 6 Jakarta with details, First to find out how the pai hybrid learning implementation plan, Second to know the implementation of PAI hybrid learning learning, and Third to find out the evaluation of PAI hybrid learning learning in SMK Negeri 6 Jakarta. In this study, the type of research used is qualitative research using qualitative descriptive methods with a case study approach, which will describe the planning, implementation, and evaluation of PAI learning in hybrid learning at SMK Negeri 6 Jakarta. Data sources are obtained from interviews, observations and documentation. The research site was conducted at SMK Negeri 6 Jakarta, with the research time starting in October to December. The theory used in this study is the theory of hybrid learning. The results of the study show that, first the learning implementation plan used in hybrid learning in SMK Negeri 6 Jakarta is a learning implementation plan that is in accordance with the government and in accordance with the syllabus and curriculum applicable in SMK Negeri 6 Jakarta. Second, the hybrid learning implementation model carried out in SMK Negeri 6 Jakarta is the implementation of offline and online learning in turn with a predetermined schedule.For learning media used in the hybrid learning process in SMK Negeri 6 Jakarta includes Learning Management System elearning smkn6 as a central medium of teaching and learning activities, as well as other supporting media such as whatsapps, telegram, google classroom, zoom meeting, google meets, power points, learning videos, and PAI books. As for the learning methods used include the method of lectures, presentations, discussions, and reading the Qur'an. The three hybrid learning evaluation processes include aspects of knowledge, attitudes, and skills. The advantages of hybrid learning include flexible, practical, adding insight, making students learn independently, and eliminating saturation of learning. While the lack of hybri learning is that its implementation is still limited. Keywords: Implementation, Hybrid Learning, PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ihsan Siregar, M.A. ; 2). Mushlihin, S.Pd.I, MA,
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 13925 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:43
Last Modified: 16 Mar 2022 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item