HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA DOA BANGSA

MAWAR JUNIAWATI ROSADI, . (2022) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA DOA BANGSA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

SMA Doa Bangsa merupakan salah satu sekolah yang terdapat banyak sekali siswa atau siswi yang berasal dari dalam maupun luar daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan strategi self regulated learning dan prokrastinasi akademik. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara strategi self regulated learning dengan prokrastinasi pada siswa SMA Doa Bangsa. Penelitian ini dibuat dengan pendekatan kuantitatif yang berfokus pada analisis angka dan data yang diolah dengan bantuan metode statistik. Dengan jenis penelitian yang digunakan ialah korelasional. Variabel yang akan diteliti ialah mencari hubungan antara self Regulated learning dengan prokrastinasi akademik. Populasi yang digunakan sebanyak 154 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Dalam penelitian yang telah penulis lakukan, penulis mendapatkan sebuah kesimpulan yaitu pada siswa SMA Doa Bangsa terdapat penundaan pekerjaan atau prokrastinasi tinggi dengan jumlah 62% dan sisanya dengan prokrastinasi rendah sebanyak 38%. Dimana dalam penelitian penulis juga menemukan dua kategori dalam self regulated learning yaitu lebih banyak yang memiliki self regulated learning rendah dengan jumlah 51%.faktor yang paling berpengaruh adalah rasa malas dari tiap siswa karena lebih banyak waktu berdiam diri di asrama dan juga faktor pengaruh lingkungan asrama tersendiri dimana banyak dari siswa maupun siswi lebih banyak menghabiskan waktu didepan ponsel untuk memainkan sebuah permainan game online sehingga tugas-tugas yang diberikan oleh sebagian besar guru di sekolah banyak yang melakukan penundaan yang mengakibatkan terlambatnya pengumpulan tugas yang diberikan. Doa Bangsa High School is one of the schools where there are a lot of students from within and outside the region. The purpose of this study was to determine the relationship between independent learning strategies and academic procrastination. The hypothesis in this study is that there is a relationship between self-regulated learning strategies and procrastination in Doa Bangsa High School students. This research was made with a quantitative approach that focuses on the analysis of numbers and data processed with the help of statistical methods. The type of research used is correlational. The variables to be studied are looking for a relationship between independent learning and academic procrastination. The population used as many as 154 students and samples taken as many as 100 students. In the research that the author has done, the authors get a conclusion, namely in Doa Bangsa High School students, job delays or high procrastination are 62% and the rest with low procrastination are 38%. Where in the study the authors also found two categories in self-regulated learning, namely those who had low self-regulated learning with a total of 51%. The most influential factor is the laziness of each student because they spend more time staying in the dormitory and also the environmental factor of a separate dormitory where many students and students spend more time in front of their cellphones for online games so that the tasks are given by most teachers At school, many procrastinate which results in late assignments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD ; 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14099 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:02
Last Modified: 06 Jul 2022 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

View Item View Item