DEAR CHIKITA BELIA, . (2022) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KESULITAN BELAJAR MEMBACA (STUDI EKSPERIMEN DI SD NEGERI RAMBUTAN 01 TAHUN 2022). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh metode membaca SAS terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa berkesulitan belajar membaca di SDN Rambutan 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan SSR (Single Subject Research). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD yang kemampuan membaca permulaannya masih rendah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif pasif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa kesulitan belajar dibuktikan adanya peningkatan pada kemampuan kesadaran kata, kemampuan kesadaran suku kata, kemampuan kesadaran rima, dan kemampuan kesadaran fonem yang dibuktikan dengan garis kecenderungan arah yang menaik. * The study was intended to obtain data on the effect of SAS reading methods on initial reading ability on students with difficulty learning to read at SDN Rambutan 01. The type of research used is quantitative research with an SSR approach. The subject of in this study is second-grade students with very low start-reading skills. Data collecting uses passive participative observation techniques, and interviews. The data analysis technique used in the study is descriptive statistics. The results of this study showed that synthetic analytical structural methods (SAS) can affect students' ability to read, learning difficulties are proven to have increased vocabulary awareness capabilities, syllable awareness capabilities, rhyming awareness capabilities, and fonricular awareness capabilities demonstrated by a crude line of pointed direction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohammad Arif Taboer, M.Pd. ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 14341 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 00:20 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 23:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24581 |
Actions (login required)
View Item |