HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 31 JAKARTA

MELA SURAH MANIAR, . (2017) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MELA SURAH MANIAR.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 31 Jakarta pada siswa kelas XI selama Empat bulan terhitung sejak Januari2017 sampai dengan April 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 31 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 31 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 110 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dengan Y adalahŶ = 59,14 + 0,34X1 Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,069 dan Ltabeluntuk n=110 maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Dari uji keberartian regresi menghasilkan 80,68> 1,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy0,654 selanjutnya uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,982 dan ttabel = 1,685 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,654 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4276 yang menunjukan bahwa 42,76% variabel prestasi belajar ditentukan oleh lingkungan keluarga. Sedangkan, persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dengan Y adalah Ŷ = 52,10 + 0,43X2 Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung= 0,041, sedangkan Ltabel untuk n=110 maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Dari uji keberartian regresi menghasilkan 81,80> 1,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy0,657 selanjutnya uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 9,045 dan ttabel = 1,685 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,657 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4310 yang menunjukan bahwa 43,10% variabel prestasi belajar ditentukan oleh kebiasaan belajar. This research was conducted in SMK Negeri 31 Jakarta on student of class XI for four months, starting from January 2017 to April 2017. The purpose of this study is to determine correlation between Family Environment and Study Habit on Academic Achievement in Students of class XI at SMKNegeri 31 Jakarta. The research method used is survey method with the correlational approach, population used are all student of class XI SMK Negeri 31 Jakarta. The sampling technique used simple random sampling as many as 110 people. The resulting regression equation is Ŷ = 59,14 + 0,34X1 and Ŷ = 52,10 + 0,43X2. Tesr requerements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X with the test Liliefors produce Lcount = 0,069 for Y on X1 and Lcount = 0,041 for Y on X2, while Ltable for n=110 at 0,05 significant level is 0,083 because Lcount < Ltable the estimated error normality of Y over X normally distribution. Testing Linearity of regression produces Fcount <Ftable is 1,20 < 1,70 for X1 and 1,30 < 1,70 for X2, so it is concluded that the linear equation regression. Hypothesis testing from the significance regression produces Fcount >Ftable which 80,68 > 1,92 for X1 and 81,80 > 1,92 for X2, meaning that the regression equation is the significant. Correlation coefficient of Pearson Product Moment generating rxy 0,654 for X1 and rxy 0,657 for X2, than perfomed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 8,982 for X1 and ttable = 1,685 for X2,. It can conclude that the correlation coefficient rxy = 0,654 for X1 and rxy = 0,657 for X2 is positive and significant. The coefficient of determination obtain for is 0,4276 which snow that 42,76% of the variant of Academic Achievement is determined by Family Environment and 0,4310 which snow that 43,10% of the variant of Academic Achievement is determined by Study Habit

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rochyati, M.Pd 2) Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:00
Last Modified: 17 Mar 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item View Item