HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 40 DI JAKARTA

MAYA SOFFAH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 40 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI MAYA revisi FIX.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara konsep diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 40 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 40 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 114 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,574) > ttabel (1,66). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,679) > ttabel (1,66). Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 50,22 + 0.44 X (X1) dan Ŷ = 50,69 + 0.43 X (X2). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,629. Jadi kemampuan dari variabel konsep diri untuk menjelaskan prestasi belajar secara parsial dengan perhitungan koefisien determinasi sebesar 39,63%. Hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi sebesar 0.634. Jadi kemampuan dari variabel motivasi belajar untuk menjelaskan prestasi belajar secara parsial dengan perhitungan koefisien determinasi sebesar 40,21% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini. This study aims to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, and reliable and about the correlation between Self Concept and Achievement Motivation on academic achievement in students of SMK Negeri 40 jakarta. This research was held at SMK Negeri 40 Jakarta. For four months starting from March 2017 to June 2017. The research method is survey with correlational approach, the population are students of class XI SMK Negeri 40 Jakarta. Used simple random technique sampling of 114 students. Meanwhile, the analysis technique of this research using simple linear regression. The hypothesis of this study shows that: (1) There is a positive and significant correlation between self concept on academic achievement, this hypothesis is proved by thitung (8,574)> ttable (1.66). (2) There is a positive and significant correlation between achievement motivation on academic achievement, this hypothesis is proved by thitung (8,679)> ttable (1.66). The simple regression equation obtained is Ŷ = 50,22 + 0.44 X (X1) and Ŷ = 50,69 + 0.43 X (X2). The correlation between self concept on academic achievement is obtained from the correlation coefficient is 0.629. So the ability of the self concept variable to explain academic achievement from the determination coefficient is 39.63% in partial. The correlation between achievement motivation and academic achievement is obtained from the correlation coefficient is 0.634. So the ability of Achievement motivation variable to explain academic achievement from the determination coefficient is 40.21% in partial, while another influenced by other factors outside of this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurahma Hajat, M.Si 2) Dita Puruwita, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:13
Last Modified: 17 Mar 2022 02:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24730

Actions (login required)

View Item View Item