Kartika Andansari, . (2018) PENGARUH BERMAIN AIR DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di RA Permata Al-Aqwam, Bintara Jaya, Bekasi Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (106kB) |
|
Text
2. Lembar Persetujuan Pembimbing dan Pengesahan Skripsi.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (235kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (580kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (643kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (595kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (123kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (294kB) |
|
Text
11. Lampiran-Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 tahun.pdf Download (152kB) |
|
Text
12. Lampiran-Rencana Kegiatan Harian.pdf Download (399kB) |
|
Text
13. Lampiran-prosedur pretest posttest.pdf Download (246kB) |
|
Text
14. Lampiran-Olah Data.pdf Download (321kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Bermain Air dalam Kegiatan Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini dilaksanakan di RA Permata Al-Aqwam Kota Bekasi dengan sampel anak berusia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan design penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dan pengumpulan data menggunakan instrument observasi. Perhitungan normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh dari hasil kedua data normal, pada kelas eksperimen pretest diperoleh Lhitung<Ltabel (0,123<0,249) dan kelas eksperimen post test Lhitung<Ltabel (0,164<0,249). Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas data menggunakan uji F dan hasilnya kedua data juga homogen yaitu Fhitung<Ftabel atau 1,37<2,98. Adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan uji–t diperoleh thitung>ttabel atau (11,025>2,228) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bermain air dalam kegiatan sains berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (critical thinking) anak usia 5-6 tahun. Bermain air dalam kegiatan sains dapat dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Indah Juniasih, M.Pd 2) Dr. Hapidin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 14:45 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 14:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2476 |
Actions (login required)
View Item |