PENGARUH BERMAIN AIR DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di RA Permata Al-Aqwam, Bintara Jaya, Bekasi Barat)

Kartika Andansari, . (2018) PENGARUH BERMAIN AIR DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di RA Permata Al-Aqwam, Bintara Jaya, Bekasi Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan Pembimbing dan Pengesahan Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (235kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (643kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
11. Lampiran-Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 tahun.pdf

Download (152kB)
[img] Text
12. Lampiran-Rencana Kegiatan Harian.pdf

Download (399kB)
[img] Text
13. Lampiran-prosedur pretest posttest.pdf

Download (246kB)
[img] Text
14. Lampiran-Olah Data.pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Bermain Air dalam Kegiatan Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini dilaksanakan di RA Permata Al-Aqwam Kota Bekasi dengan sampel anak berusia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan design penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dan pengumpulan data menggunakan instrument observasi. Perhitungan normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh dari hasil kedua data normal, pada kelas eksperimen pretest diperoleh Lhitung<Ltabel (0,123<0,249) dan kelas eksperimen post test Lhitung<Ltabel (0,164<0,249). Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas data menggunakan uji F dan hasilnya kedua data juga homogen yaitu Fhitung<Ftabel atau 1,37<2,98. Adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan uji–t diperoleh thitung>ttabel atau (11,025>2,228) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bermain air dalam kegiatan sains berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (critical thinking) anak usia 5-6 tahun. Bermain air dalam kegiatan sains dapat dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Indah Juniasih, M.Pd 2) Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Dec 2019 14:45
Last Modified: 23 Dec 2019 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item