UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 27 JAKARTA

EVI FITRIASTUTI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Lembar Persembahan.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
lampiran 1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (228kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes pendahuluan kemampuan penalaran matematis yang dilakukan di kelas VII-5 SMP Negeri 27 Jakarta, terlihat bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS). Model pembelajaran kooperatif TPS terdiri dari tiga tahap yaitu think,pair, dan share, masing-masing tahapan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPS di kelas VII-5 SMP Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TPS. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret hingga Mei 2016 di kelas VII-5 SMP Negeri 27 Jakarta tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-5 pada prasiklus 58,77, pada siklus I meningkat menjadi 60, pada siklus II meningkat menjadi 73,60, dan pada siklus III meningkat menjadi 81,25. Jumlah siswa yang nilai kemampuan penalaran matematisnya mencapai atau melebihi KKM juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus terdapat 3 orang siswa (8,33%), siklus I meningkat menjadi 8 oang siswa (22,22%), pada siklus II meningkat menjadi 23 orang siswa (63,89%), dan pada siklus III meningkat menjadi 31 orang siswa (86,11%) Based on observations and the results of preliminary tests conducted mathematical reasoning abilities in class VII-5 SMP Negeri 27 Jakarta, showed the ability of mathematical reasoning at the low category, so the ability should be enhanced. Implementation of model cooperative learning Think Pair Share (TPS) can be used as an alternative learning in the classroom. Learning with TPS approach consists of three stages: think, pair, and share. The third principle if applied in teaching mathematics can improve the ability of mathematical reasoning. This research aims to improve students' mathematical reasoning abilities using the model cooperative learning TPS on the subject of the rectangular in class VII-5 SMP Negeri 27 Jakarta . This classroom action research held in three cycles, each cycle consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Each cycle held learning by applying model cooperative learning TPS. Students are given a final test cycle to measure students' mathematical reasoning abilities. The research held from March to Mei 2016 in VII-5 SMP Negeri 27 Jakarta, with 36 students. The results showed learning mathematics model cooperative learning TPS can improve students' mathematical reasoning abilities. It is shown by an increase in the average score of mathematical reasoning ability test. The average score of the final test of students in class VII-5 on pre cycle is 58.77, first cycle increased to 60 second cycle increased to 73.60 and third cycle increased to 81.25. The number of students who score of mathematical reasoning ability reaching out or exceeding the KKM also increased. Pre cycle there are 3 students (8.33%), first cycle increased to 8 students (22.22%), second cycle increased to 23 students (63.89%), and third cycle increased to 31 students (86.11%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Utami, M.Pd 2) Aris Hardiyan Wijaksana, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:49
Last Modified: 17 Mar 2022 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24814

Actions (login required)

View Item View Item