PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PROGRAM PAKET B DI PKBM NEGERI 16 RAWASARI

HABIB SUDIRA, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PROGRAM PAKET B DI PKBM NEGERI 16 RAWASARI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (695kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif, menguji kelayakan dari video yang telah dikembangkan dan menguji efektivitas video pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem reproduksi manusia di program paket B. Video pembelajaran interaktif diyakini sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reserch and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang memiliki tiga tahapan, tahapan model pengembangan ini meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Uji kelayakan diperoleh berdasarkan penilaian dari ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, uji coba kelayakan dilakukan juga untuk mendapatkan saran dan kritik dari ahli untuk perbaikan modul yang dikembangkan. Uji efektifitas dilakukan pada saat uji coba terbatas dari hasil one group pretest-posttest dengan analisis menggunakan rumus N-gain. Uji efektivitas yang dilakukan adalah uji one to one dan uji kelompok besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX program paket B. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan rumus N-gain bawah video pembelajaran interaktif yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 90,7%, dengan demikian pada ahli menyatakan “sangat layak”. Berdasarkan analisis menggunakan rumus N-gain hasil belajar peserta didik menunjukan nilai 0,63 dengan katagori sedang dan dalam persen adalah 63 dengan kategori “cukup efektif” digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keywords: Uji Kelayakan, video pembelajaran interaktif, Pendidikan kesetaraan *********** This study aims to develop learning videos, test the videos that will be developed and test the effectiveness of learning videos on cognitive learning outcomes on the human reproductive system material in the Package B program. Interactive learning videos are one of the effective learning media to improve student learning outcomes. This research was developed using Research and Development (R&D) research methods. research that uses the Hannafin and Peck development model which has three stages, the stages of developing this model include needs analysis, design, development and implementation. The test is based on assessments from material experts, media experts, and trials are also carried out to get suggestions and criticism from experts for the improvement of the developed module. The effectiveness test was carried out during a limited trial from the results of one group pretest-posttest with analysis using the N-gain formula. The effectiveness test carried out is a one to one test and a large group test. The subjects of this study were students of class IX of the package B program. The results obtained using the N-gain formula under the interactive learning video developed had an average value of 90.7%, thus the expert said it was "very feasible". Based on the analysis using the N-gain formula, student learning outcomes show a value of 0.63 in the medium category and in percent is 63 with the "fairly effective" category used in the learning process and can improve student learning outcomes. Keywords: Feasibility Test, Interactive Learning Video, Equality Education

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. ; 2). Dr. Priyono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14481 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:45
Last Modified: 21 Mar 2022 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24885

Actions (login required)

View Item View Item