PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR

IRMA JESSICA, . (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Media yang dikembangkan adalah video animasi berbasis kontekstual untuk pembelajaran materi keliling dan luas bangun datar kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan karena sebagian besar peserta didik masih mengalami kendala dalam pembelajaran matematika khususnya materi keliling dan luas bangun datar. Sebagian besar peserta didik sulit memahami karena sulit menghafal rumus, kemudian suasana kelas tidak kondusif dan siswa cenderung mengantuk dan bosan di kelas. Guru sudah menggunakan media pembelajaran berupa buku dan belum menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran di kelas. Kesulitan peserta didik dalam memahami materi dalam pembelajaran matematika menjadi pertimbangan peneliti untuk mengembangkan video animasi sebagai media untuk membantu peserta didik memahami materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari (1) analyze; (2) design; (3) develop; (4) implemet; dan (5) evaluate. Hasil penilaian rata-rata dari ketiga ahli menunjukkan persentase 89,77%, dari ahli media mendapatkan 96% dengan kategori “sangat layak”, dari ahli materi mendapatkan 93,33% dengan kategori “sangat layak”, dan dari ahli bahasa mendapat persentase 80% yang termasuk kategori “layak”. Oleh karena itu, video animasi berbasis kontekstual untuk pembelajaran materi keliling dan luas bangun datar kelas IV sekolah dasar sangat layak dan sangat baik untuk digunakan. This study aims to develop learning media that can be used in the learning process in grade IV elementary school. The media developed is a contextual-based animation video for learning about perimeter and area of flat shapes for grade IV elementary school. This research was conducted because most students still experience problems in learning mathematics, especially the circumference and area of flat shapes. Most students find it difficult to understand because it is difficult to memorize formulas, then the class atmosphere is not conducive and students tend to be sleepy and bored in class. This is because the teacher does not use animated videos but uses books and only writes down formulas. The difficulty of students in understanding the material in learning mathematics is a consideration for researchers to develop animated videos as a medium to help students understand the circumference and area of flat shapes. This study uses the Research and Development method with the ADDIE model consisting of (1) analyze; (2) designs; (3) develop; (4) implemet; and (5) evaluate. The average assessment results from the three experts showed a percentage of 89.77%, from media experts to 96% in the "very feasible" category, from material experts to 93.33% in the "very feasible" category, and from linguists got a percentage of 80% which was included in the "decent" category. Therefore, contextual-based animation videos for learning about perimeter and area of flat shapes for grade IV elementary school are very feasible and very good to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Yurniwati, M.Pd ; 2). Drs. A.R.Supriatna, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:45
Last Modified: 28 Oct 2022 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/24974

Actions (login required)

View Item View Item