PENGEMBANGAN MADING (MAGNETIC READING BOARD) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK PESERTA DIDIK AUTIS

Faizah Azhari, . (2022) PENGEMBANGAN MADING (MAGNETIC READING BOARD) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK PESERTA DIDIK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (483kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik autis. Peneliti mengembangkan media MADING (Magnetic Reading Board) karena dibutuhkannya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan khususnya mengenal huruf abjad, membaca suku kata, dan membaca kata pada peserta didik autis kelas IV di SLB Ar Rahman Jakarta. Membaca permulaan pada penelitian ini dibatasi pada kata nama hewan yang memiliki manfaat bagi manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penilaian media MADING (Magnetic Reading Board) dilakukan melalui validasi dari ahli diantaranya adalah ahli media, ahli materi, dan ahli peserta didik autis melalui kuesioner yang diberikan dalam bentuk google form dan evaluasi satu lawan satu. Media MADING (Magnetic Reading Board) mendapat nilai 72.65% dari ahli media, 85% dari ahli materi, dan 85% dari ahli peserta didik autis. Maka, nilai rata-rata keseluruhan yang didapat adalah 82.08% dengan kategori sangat baik. Namun, uji coba media hanya dilakukan oleh satu orang peserta didik karena pandemi COVID-19 yang belum juga selesai sampai saat ini. Dari nilai rata-rata yang didapatkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media MADING (Magnetic Reading Board) dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik autis. ******************** This innovative research aims to develop learning media to improve early reading skills in autistic students. The researcher develops the MADING (Magnetic Reading Board) media because of the need for learning media to improve beginning reading skills, especially recognizing the alphabet, reading syllables, and reading words in fourth grade autistic students at SLB Ar Rahman Jakarta.The beginning reading of this research is limited to the names of animals that have benefits for humans. The method used in this research is the research and development method by adapting the ADDIE development model. The MADING (Magnetic Reading Board) media assessment was carried out through validation from experts (expert review), including media experts, material experts, and experts for autistic students through a questionnaire given in the form of a google form and one-on-one evaluation. Media MADING (Magnetic Reading Board) got a score of 72.65% from media experts, 85% from material experts, and 85% from experts for autistic students. So, the overall average score is 82.08% with a very good category. However, the media trial was only carried out by one student due to the COVID-19 pandemic, which has not yet been completed. From the average value obtained, it can be concluded that the MADING (Magnetic Reading Board) media is declared feasible and can be used as a learning medium for students with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Riana Bagaskorowati, S.Pd., M.Si, Ph.D ; 2). Dr. Lalan Erlani, Ed.S,.M.Ed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14518 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 11:27
Last Modified: 21 Mar 2022 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item