PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEGAK BERSAMBUNG BERBASIS SENSORI MOTORIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

AYU KOERNIA MALYK, . (2022) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEGAK BERSAMBUNG BERBASIS SENSORI MOTORIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa modul menulis tegak bersambung berbasis sensori motorik dalam pembelajaran menulis permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar (SD). Pengembangan modul menulis tegak bersambung ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall melalui 7 tahap. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Produk ini telah melalui uji validasi dengan mendapatkan perolehan persentase oleh ahli media sebesar 93,75% dengan kategori “sangat baik”, ahli materi sebesar 82,5% dengan kategori “sangat baik”, dan ahli bahasa sebesar 75% dengan kategori “baik”. Maka nilai rata-rata pada uji validasi didapatkan persentase sebesar 83,75% yang berkategori “sangat baik”. Kemudian pada uji coba lapangan tahap awal yang dilakukan dengan 3 orang siswa mendapatkan persentase sebesar 96,67% dengan kategori “sangat baik”. Selanjutnya pada uji coba lapangan utama yang dilakukan oleh 8 siswa mendapatkan persentase sebesar 97,5% dengan kategori “sangat baik”. Hasil dari nilai rata-rata pada tes awal/pretest dan tes akhir/postest siswa menujukan terdapat peningkatan nilai pada keterampilan menulis tegak bersambung siswa setelah menggunakan produk ini. This research and development aims to produce a product in the form of a cursive writing module based on sensory motor in beginning writing learning grade II elementary school. The development of this cursive writing module uses the Research and Development (RnD) method with the Borg and Gall model through 7 stages. Data collection techniques consisted of observation, interviews, questionnaires, and tests. This product has gone through a validation test by getting a percentage of 93.75% by media expert in the "very good" category, 82.5% by material expert in the "very good" category, and 75% by language expert in the "good" category. So that, the average percentage in the validation test by experts obtained 83.75% which is categorized as "very good". Then in the preliminary field testing which involved 3 students, the percentage was 96.67% in the "very good" category. Furthermore, in the main field testing which involved 8 students, the percentage was 97,5% in the "very good" category. The result of the average scores on student’s pretest and posttest showed that there was an increase score on student’s cursive writing skills after using this product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14524 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:16
Last Modified: 23 Mar 2022 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item