ADELIA SARINASTITI, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V MI KARAKTER AZZAROOFAH, PAGELARANG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
|
Text
A PENGANTAR ADEL.pdf Download (589kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (361kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI 2.pdf Download (515kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperoleh data tentang keterampilan menulis cerita anak melalui pendekatan kontekstual siswa kelas V di MI Karakter Azzaroofah, Pagelarang Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan selama tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes keterampilan menulis, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan Mc.Taggart. Tahapan penelitian pada model ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita anak. Pada siklus I sebanyak 13 siswa dari jumlah keseluruhan 20 siswa mendapatkan nilai ≥75 dengan pencapaian 65%. Pada siklus II sebanyak 16 siswa mendapatkan nilai ≥75 dengan pencapaian 80%. Aktivitas guru pada pembelajaran siklus I sebesar 83,33% sementara aktivitas siswa sebesar 80,95%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu aktivitas guru sebesar 90,47% dan aktivitas siswa sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerita anak dapat meningkat melalui pendekatan kontekstual. Classroom action research (CAR) has purpose to obtain data about the skill of writing children's story through contextual method on the students of grade 5 at Karakter Azzaroofah Islamic Elementary School, Pagelarang, East Jakarta. This research has been done within two parts and every part has been researched for three meetings. Techniques of collecting datum on this research taken from test of writing skill, observation, field collecting, and documentation. Technique of analysis data uses descriptive and quantitative method. Action model used is Stephen Kemmis and McTaggart. Step of research in this method are plan, action, observation, and reflection. The result of the research shows that contextual method can gain the skill of writing children's story. In the first cycle, 13 students out of 20 students obtain the score 75 within the accomplishment of 65%. In the second cycle, 16 students obtain the score 75 within the accomplishment of 80%. Teacher's activity in the first cycle learning is in the amount of 83%, meanwhile students' activity is 80%. In the second cycle, teacher's activity is increase 90% and students' activity is 85%. In conclusion, the skill of writing children's story can gain by contextual method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. 2). Dr. Ir. Arita Marini, ME |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:59 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25120 |
Actions (login required)
View Item |