EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANATOMI DAN FISIOLOGI DI SMKN 27 JAKARTA DENGAN MENERAPKAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DI KELAS X TATA KECANTIKAN RAMBUT

YOHANA NUR RIZKI, . (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ANATOMI DAN FISIOLOGI DI SMKN 27 JAKARTA DENGAN MENERAPKAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DI KELAS X TATA KECANTIKAN RAMBUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
02. ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
05. BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
06. BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)
[img] Text
L8- JURNAL YOHANA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Anatomi dan Fisiologi dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta pada siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut dengan jumlah siswa 29. Alokasi waktu pada masing-masing siklus adalah 2 x 45 menit dilaksanakan pada hari kamis tanggal 14 dan 21 Januari 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan (observasi), wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada pelajaran Anatomi dan Fisiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 27 Jakarta. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat dari pretest sampai dengan post test siklus II, yaitu yang mencapai nilai KKM keterampilan pada pretest ada 10 siswa, pada post test siklus I meningkat menjadi 21 siswa, dan post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Sedangkan yang mencapai nilai KKM pengetahuan, pada pretest ada 13 siswa meningkat pada post test siklus I menjadi 20 dan pada post test siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Nilai rata-rata akhir test keterampilan dan tes pengetahuan dari pretest sampai post test siklus II mengalami peningkatan yaitu pretest 73,3 Post test siklus I 78,3 dan Post siklus II 84,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Lilies Yulastri, M.Pd, ; Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Dec 2019 11:51
Last Modified: 31 Dec 2019 11:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View Item View Item