MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA (STORYTELLING) (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang)

AMELINDA GAMAROSA TUTUPOHO, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA (STORYTELLING) (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP FIX.pdf

Download (176kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Kata Pengantar dan Daftar Isi.pdf

Download (367kB)
[img] Text
lembar persetujuan pembimbing dan pengesahan panitia sidang skripsi.pdf

Download (7MB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 5- 6 tahun di TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang melalui kegiatan bercerita di kelas kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B TK Mutiara Fitra yang kemampuan membacanya masih rendah dengan jumlah sebanyak 8 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil Analisis data pada praintervensi di dapat presentase sebesar 39,69%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 58,13%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 77,81%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan 38,12%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan membaca anak usia dini dapat meningkat dengan membangun motivasi dan pemberian kesempatan untuk mengemukakan ide, sehingga rasa ingin tahu anak berkembang. This research is to increasing children reading ability ages 5-6 years old in TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang through by storytelling. This research was held during September to October 2016. The method used is classroom action research, done in two cycles. Each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of research is group of B TK Mutiara Fitra, Larangan, Tangerang which is reading ability was still low as it had only 8 kids. The presentation of success dealt between researcher and collaborator was 71%. The result of data analysis of preintervension was 39,69%. After being given steps, the presentation increased to 58,13%. The data got from first cycle hasn’t got its target, so the researcher did some steps on second cycle. And the result was 77,81%. So, we can admit from preintervension to second cycle is becoming 38,12%. Based on the percentage of success, step hypothesis is proved. And when it is proved qualitatively it is also admitted that reading ability of a child on his early age could increase by building motivation and changing to show idea so that his curiousity develops.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. 2). Dr. Nurjannah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:16
Last Modified: 24 Mar 2022 02:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item View Item