STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH ALAM AMARDHIKA

PUSPITA NINGRUM, . (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH ALAM AMARDHIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (742kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran bahasa indonesia bagi peserta didik dengan autisme di Sekolah Alam Amardhika. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas integrated di Sekolah Alam Amardhika, pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada kegiatan belajar mengajar, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah Alam Amardhika menggunakan kombinasi metode umum dan metode khusus, diantaranya ceramah, membaca dongeng, tanya jawab, dikte, serta ABA yang telah dimodifikasi ditambah dengan Simultaneous Oral Spelling dan The Sensible Pencil. Media pembelajaran menggunakan media visual berupa kartu. Evaluasi dari strategi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia dilakukan oleh guru, terapis dan kepala sekolah, hasil dari evaluasi tersebut dinarasikan dalam bentuk portofolio perkembangan dan lembar kerja peserta didik dengan autisme. This study aims to determine the learning strategies used by teachers in Indonesian subjects for students with autism at Amardhika Alam School. The sample in this study were students and integrated classroom teachers at the Alam Amardhika School, sampling using a purposive sampling technique. The method used in this research is descriptive qualitative, data collection is done through observation on teaching and learning activities, interviews, and document studies. The results of this study indicate that the learning strategy for Indonesian language subjects at Alam Amardhika school uses a combination of general methods and special methods, including lectures, reading fairy tales, questions and answers, dictation, and modified ABA plus Simultaneous Oral Spelling and The Sensible Pencil. Learning media uses visual media in the form of cards. Evaluation of learning strategies for Indonesian subjects is carried out by teachers, therapists, and school principals, the results of the evaluation are narrated in the form of developmental portfolios and worksheets for students with autism

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M.Pd. ; 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14055 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:50
Last Modified: 28 Mar 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item View Item