PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE HATAM PADA SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 36 JAKARTA TIMUR

ASMALIA, . (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE HATAM PADA SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 36 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (618kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (263kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR.pdf

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode Hatam (Hafal Tanpa Menghafalkan) untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al- Qur’an siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 36 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap penelitian ini mengikuti model Kurt Lewin yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan satu kali pertemuan disetiap siklusnya. Indikator kemampuan menghafal Al-Qur’an yang baik menggunakan teori Bloom, Syaiful Bahri Djamarah, Abdul Qoyyum dan Abdul Latif. Dari ketiga teori tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan seseorang menghafal Al- Qur’an dengan baik yaitu apabila ia mampu menghafal dengan benar, lancar atau tidak terbata-bata, sesuai dengan tajwid, sesuai dengan sifat dan makhorijul huruf serta sesuai dengan irama yang didengar. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode Hatam dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari pengamatan terhadap siswa ketika penerapan metode Hatam berlangsung. Sebelum diterapkannya metode Hatam, kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an masih tergolong rendah yaitu hanya 11% dari 36 siswa. Setelah metode Hatam diterapkan sebanyak tiga siklus, dapat dilihat kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 39%, siklus II sebesar 56%, dan pada siklus III sebesar 81%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an mengalami peningkatan selama tiga siklus. This study aims to explain the application of Hatam method (Memorized Without Memorizing) to improve the ability to memorize Al-Qur'an X grade students MIA 4 SMA Negeri 36 East Jakarta. This research uses Classroom Action Research method which uses descriptive qualitative approach. This research phase follow Kurt Lewin model that is in the form of a spiral cycle which includes activity of planning, execution, observation, and reflection. Data collection techniques used observation and interview methods. The research is done in three cycles with one meeting in each cycle. Indicator of the ability to memorize a good Qur'an using the theory of Bloom, Syaiful Bahri Djamarah, Abdul Qoyyum and Abdul Latif. From the three theories can be concluded that the ability of a person to memorize the Qur'an well that is if he is able to memorize correctly, smoothly or not haltingly, in accordance with tajwid, in accordance with the nature and makhorijul letters and in accordance with the rhythm of the heard. The results of the research have shown that the application of Hatam method can improve the ability to memorize Al-Qur'an students. It can be seen from the observation of the students when the application of Hatam method takes place. Before the implementation of Hatam method, students' ability to memorize Al-Qur'an is still relatively low, only 11% of 36 students. After the Hatam method is applied for three cycles, it can be seen that the students' ability to memorize Al- Qur'an has increased by 39% in cycle I, 56% in cycle II and 81% in cycle III. It can be concluded that the students' ability to memorize the Qur'an has improved over three cycles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Abdul Fadhil, M.Ag, 2) Dewi Anggraeni, M.A,
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:23
Last Modified: 28 Mar 2022 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25387

Actions (login required)

View Item View Item