UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 60 JAKARTA

ASSRI KUSUMA RICKA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 60 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (0B)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 60 Jakarta. Berdasarkan hasil observasi di kelas X MIPA 3 SMAN 60 Jakarta, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat menjadi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Tahapan pada model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script adalah guru membagi siswa berpasangan, guru membagikan materi kepada setiap siswa untuk dibuat ringkasan materi, guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar, pembicara membacakan ringkasannya, sementara pendengar menyimak, mengoreksi, menujukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat, bertukar peran, semula menjadi pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, dan guru memberikan kesimpulan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap siklus kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script. Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata, dua siswa memiliki kemampuan akademik rata-rata, dan dua siswa memiliki kemampuan akademik di bawah rata-rata. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2017 di kelas X MIPA 3 SMAN 60 Jakarta tahun ajaran 2016-2017. Siswa di kelas X MIPA 3 berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut berdasarkan pada peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika selama tiga siklus. Persentase kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MIPA 3 pada siklus I berada pada kategori baik yaitu 67,8 meningkat pada siklus II berada pada kategori sangat baik yaitu 81,28, dan meningkat kembali pada siklus III tetap berada pada kategori sangat baik yaitu 85,65. Pada siklus I hanya 17,14% siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat menjadi 74,28% dan pada siklus III meningkat menjadi 77,14%. Research aims to apply learning model cooperative type cooperative script to improve understanding the mathematical conception graders X SMAN 60 Jakarta.Based on observations in class X MIPA 3 SMAN 60 Jakarta, shows that the understanding the mathematical conception students low, that needs to be improved.Learning model cooperative type cooperative script becomes an alternative learning math in the classroom. The cooperative in learning model type cooperative script was teachers divide students pairs, teachers share matter to each student to be made a summary matter, teachers and students determine who is first act as speakers and who has listeners, speaker read the two cent tour, while his audience, corrects, showed basic ide-ide not complete and aid recall, exchanging role, were exchanged into the audience and vice versa, and teachers provide a summary. The kind of research this is research the act of class made in the three cycles.Every cycle consisting of four stages including planning, the implementation of the, observation, and reflection.In every cycle learning activities apply learning model cooperative type cooperative script.There were six the subject of study: two students who have the ability academic above average, two students have the ability academic the average, and two students have the ability academic below average.Students be given tests the end of cycle to measures the understanding a mathematical conception of students.The period for implementation of the visit in april up to may 2017 in the class X MIPA 3 SMAN 60 Jakarta 2016-2017 academic year.From the classroom x mipa 3 were 35 people. The result showed that learning mathematics use the model of learning cooperative type cooperative the script can improve the ability of understanding a mathematical conception of students .It is based on an increase in the average value of the tests the ability of a mathematical conception of understanding during the three cycles .The percentage of the ability of a mathematical conception of understanding a student of class X MIPA 3 on the cycle i is located in the prologue either namely 67.8 increase in cycle ii be into the category of a very good namely 81,28 , and rose again in the cycle iii remain into the category of a very good namely 85,65 .On the cycle i only 17,14 percent of students got mark above criteria ketuntasan minimal ( kkm ) , on the cycle ii increased to 74,28 % and in the cycle iii increased to 77,14 %

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Anton Noornia, M.Pd 2) Dwi Antari Wijayanti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:01
Last Modified: 28 Mar 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25451

Actions (login required)

View Item View Item