LOLA ASMARA PUTRI, . (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP PUTRA 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING & PENGESAHAN 1.pdf Download (535kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Keaslian.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (518kB) |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN DATA DAN HASIL TEMUAN.pdf Download (497kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
Text
LAMPIRAN 7 CATATAN LAPANGAN.pdf Download (465kB) |
|
Text
LAMPIRAN 8 HASIL WAWANCARA.pdf Download (373kB) |
|
Text
LAMPIRAN 10 REDUKSI DATA.pdf Download (286kB) |
|
Text
LAMPIRAN 9 KLASIFIKASI DATA.pdf Download (440kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Putra 1 Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui informasi dan mendeskripsikan Peran kepala sekolah dalam megembangkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2017 hingga Januari 2018 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan melalui tahapan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala SMP Putra 1 Jakarta dalam mengembangkan kompetensi profesional guru berjalan cukup baik, sesuai dengan hasil kajian dari sub fokus penelitian yaitu peran kepala sekolah sebagai supervisor dan sebagai motivator. Kepala Sekolah melibatkan wakil kepala sekolah dan kabag pendidikan dalam menjalankan program supervisi. Supervisi dilakukan satu kali per-semester yang dipersiapkan mulai dari perencanaan pertemuan, tahap observasi, pertemuan kembali dan tahap tindak lanjut. Peran kepala SMP Putra 1 Jakarta sebagai motivator menunjukan bahwa Kepala Sekolah dapat menggerakan dan memberikan motivasi kepada pendidik serta tenaga kependidikan dengan mengirim para guru untuk mengikuti seminar motivasi, pelatihan IT, pelatihan PLPG, MGMP dan diberikannya rewards kepada guru yang berkompeten dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Suryadi 2) Dr. Siti Zulaikha, S.Ag |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 15:41 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 15:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2550 |
Actions (login required)
View Item |